Beli Mobil Baru, Periksa Bagian-Bagian Ini

Beli Mobil Baru, Periksa Bagian-Bagian Ini




Beli Mobil Baru, Periksa Bagian-Bagian Ini -  Saat menerima mobil baru, Anda bisa melakukan proses pre delivery inspection (PDI) sendiri. Tujuannya untuk memastikan bahwa mobil diterima dalam kondisi baik, laik jalan, dan lengkap, baik surat-surat maupun isi dari mobil tersebut seperti ban serep dan tools box. Nah, kondisi bodi mobil menjadi prioritas dari sisi car care.

Memang, mobil yang Anda terima sudah fresh from the oven. Tapi bukan berarti kondisinya pasti bagus. Bisa saja terjadi masalah ketika didistribusikan, baik saat di pabrik, di dealer atau di jalan. Bentuk kerusakan yang paling mungkin terdeteksi seperti baret halus, cat mobil lain yang menempel, coretan pensil kaca, hingga jamur. Di kabin, bisa saja ada debu, kotoran menempel, bahan fabric robek, atau panel yang patah. Malah jangan-jangan terdapat kerusakan berat yang lolos dari kontrol APM seperti bodi penyok.

“Untuk itu bisa dibuat semacam check list guna memudahkan memeriksa ketika mobil diterima di rumah,” terang Anthony dari House of Detailing. Ia menambahkan, agar lebih praktis, bisa dibagi dalam 3 bagian utama, yakni eksterior, interior, dan mesin. Lantas masing-masing bagian didetail lagi komponen-komponennya, seperti lampu depan, gril, kap mesin, bumper, ban, kaca, dan atap di luar. Untuk interior, bisa dibagi berdasarkan zona, yaitu kabin depan, kabin tengah, dan bagasi.

Telusuri setiap bagian. “Jika ada baret atau kerusakan apapun, beri tanda pada lembaran pemeriksa. Teliti seluruh bagian jangan sampai ada yang terlewat. Dari situ Anda bisa memutuskan skala kerusakan dan menentukan langkah selanjutnya,” urai Anthony.
       
Poles dan waxing dimanfaatkan untuk membersihkan bodi mobil serta menjaga kilaunya agar tahan lama

Untuk kerusakan seperti baret halus, jamur, kotoran yang menempel di bodi, atau bekas coretan spidol, kalau baru stadium ringan masih bisa Anda rapikan sendiri. Modal utamanya adalah exterior cleaner, lap bersih, dan kain mikrofiber. Setelah itu bisa diaplikasikan wax ke seluruh bodi mobil untuk melindungi dari debu, kotoran, dan oksidasi, serta tak lupa menjaga kilaunya.

Sama dengan bagian dalam. Interior cleaner bisa dipakai untuk membersihkan. Untuk kebutuhan proteksi dari kotoran dan sengatan sinar matahari, dapat dipakai produk interior dressing. Sesuaikan bahan pelindung dengan jenis bagian interior yang dibersihkan. Asyiknya, sekarang tersedia coating model semprot yang dapat dipakai di bahan fabric.

Tapi jika Anda terkendala waktu atau tidak mau repot, salon mobil siap mengambil alih tugas tersebut. Bahkan, dengan memberikan pekerjaan pada salon mobil akan mendapatkan banyak keuntungan. Yang pasti, karena dikerjakan oleh ahlinya, hasilnya lebih baik daripada dikerjakan sendiri. Aplikasi bahan pelindung dengan mesin poles juga menciptakan hasil lebih baik ketimbang secara manual.
       
Noda bisa timbul di bangku     Segera bersihkan kotoran yang menempel     Bersihkan dasbor agar kabin terasa nyaman

Bahkan, sekarang terda­pat 3 jenis bahan pelin­dung untuk bodi mobil. Mulai dari wax, sealant, hingga coating. “Ketiganya sama-sama untuk pelindung dari kotoran, oksidasi, dan terpaan sinar matahari. Bedanya ada pada lama daya tahan perlindungan. Kalau wax, sebulan sebaiknya sudah di-wax kembali, sedangkan sealant bisa mencapai 3 bulan, dan coating bisa lebih dari 6 bulan,” lengkap Anthony.

House of Detailing me­yediakan paket komplit un­tuk mobil gres yang baru Anda terima dari dealer. Isi­nya berupa full body treatment meliputi bodi luar, da­­lam, dan mesin. Untuk har­ga tergantung finishing pelindungnya. Sebagai gambaran, untuk Toyota Avanza dikenai biaya Rp 1 juta untuk wax, Rp 1,5 juta untuk sealant, dan Rp 2,5 juta untuk coating.