Cara Bersihkan Kap Mesin Mobil yang Benar

Cara Bersihkan Kap Mesin Mobil yang Benar





Cara Bersihkan Kap Mesin Mobil yang Benar - Cara bersihkan kap mesin mobil yang benar itu sangat mudah. Begini prosesnya:

Siram dengan Merata
Siram kap mesin dengan air secara merata. Biarkan dulu airnya mengalir turun agar noda halus seperti debu ikut turun. Yang patut diingat, jangan mencuci saat mesin baru dimatikan. Risikonya sama dengan mencuci di bawah terik matahari.

Lap dengan Chamois
Seraya menyiram, lap kap mesin dengan kain chamois. Saat mengelap dilakukan searah dari belakang ke depan untuk mempermudah proses pembersihan. Perhatikan jika ada kotoran menempel. Cobalah untuk menghilangkan dengan menekan agak kuat pada bagian yang ternoda.

Gunakan Lap Microfiber
Segera keringkan dengan lap chamois. Namun chamois hanya berfungsi mengangkat air dan tidak mengeringkan. Tugas berikutnya dilanjutkan oleh kain mikrofiber. Pastikan bahwa kap mesin kering total dan tidak ada bercak air.

Beri Pelembab
Ibarat wajah, kap mesin juga butuh pelindung berupa pelembab. Untuk ini bisa dipakai wax. Gunakan wax yang tidak mengandung silikon karena justru akan merusak. Untuk aplikasinya tidak dengan memoles, tapi cukup dengan dioleskan secara merata pada kap mesin.

Seka Lagi dengan Microfiber
Setelah itu wax diseka dengan kain mikrofiber dengan gerakan bolak-balik. Proses waxing sederhana ini bisa dilakukan setiap dua minggu sekali. Wax juga mampu menghilangkan water spot ringan.