Cara Hilangkan Jamur Di Kaca Mobil

Cara Hilangkan Jamur Di Kaca Mobil

 

Cara Hilangkan Jamur Di Kaca Mobil  -  Jamur pada kaca mobil sejatinya adalah water spot. Yakni terjadinya proses timbulnya bercak pada kaca mobil akibat mengendapnya air yang mengandung kotoran pada kaca. Proses pengeringan membuat air menguap dan kotoran yang umumnya berupa mineral tersebut pun mengendap. Berbagai jenis air dapat menghasilkan bercak, seperti air hujan, air washer, hingga air dalam kemasan sekalipun.

Hal ini sebenarnya dapat dihindari yakni dengan cara sering membersihkan kaca sehingga mengurangi risiko kotoran mengendap yang lambat laun akan membentuk 'pulau'. Pastikan kaca kering agar potensi timbulnya water spot semakin kecil.

Namun jika sudah timbul water spot pada kaca, Anda masih bisa menghilangkannya dengan mengaplikasikan produk pembersih kaca. Saat ini sudah tersedia material pembersih kaca yang bersahabat dengan berbagai jenis kaca, termasuk kaca terlaminasi yang umum digunakan mobil-mobil premium. Pastikan pula pembersih kaca tidak mengandung amoniak yang justru akan menimbulkan masalah baru, yakni kabut di kaca. Aplikasikan pembersih dengan benar sehingga jamur pun mudah disingkirkan.

Berikut adalah step by step untuk membersihkan jamur kaca.

1. Letakkan mobil di tempat teduh.
Terik matahari membuat proses pengeringan berlangsung terlalu cepat. Jika memungkinkan, letakkan di lokasi yang tak terlalu terpapar debu dan angin.

2. Bersihkan kaca.
Bersihkan kaca seluruh kaca dengan cairan pembersih kaca serbaguna. Tujuan pembersihan ini bukan untuk membersihkan jamur tapi untuk mengangkat kotoran-kotoran lain yang menutupi jamur tersebut. Termasuk kotoran ringan lain di kaca. Segera keringkan dengan lap mikrofiber.

3. Lindungi karet bodi mobil
Sebagian obat pembersih jamur kaca memang sudah bersahabat dengan karet-karet kaca. Namun tak ada salahnya untuk melapisi dulu karet yang ada agar cairan obat pembersih tidak merusak karet. Gunakan selotip kertas atau koran untuk menutupi karet.
   

4. Aplikasikan obat pembersih
Ketahui jenis obat yang akan diaplikasikan pada kaca. Tanyakan pada penjual dan bila perlu beli obat pembersih jamur yang bisa digunakan pada berbagai jenis kaca. Coba terlebih dulu pada sisi yang tersembunyi seperti di ujung kaca untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan.

Gunakan aplikator yang direkomendasikan untuk memastikan obat pembersih diaplikasikan dengan baik. Lakukan secara parsial agar proses pembersihan bisa fokus dan sempurna.

5. Bersihkan
Gunakan kain mikrofiber untuk mengangkat kotoran di kaca. Tak perlu terlalu kuat digosok karena proses pembersihan sudah dilakukan oleh obat pembersih jamur.

6. Keringkan
Setelah selesai membersihkan, pastikan kaca kering dengan sempurna. Jika jamur masih terlihat, ulangi lagi dari langkah 4.