Cara Perbaikan Panel Kulit di Mobil

Cara Perbaikan Panel Kulit di Mobil



Cara Perbaikan Panel Kulit di Mobil -  Pada prinsipnya, semua panel di kabin bisa diperbaiki jika bahan kulit yang digunakan mengalami kerusakan. “Setiap panel di kabin yang dilapisi kulit dapat kami ganti baru jika mengalami kerusakan,” terang Agus dari Rafyndo di bilangan Meruya, Jakarta Barat.

Sama dengan 788 Autocare yang sanggup merestorasi segala jenis kerusakan bahan kulit asli. “Mulai dari sekadar warna pudar hingga bolong. Termasuk yang berada di pintu maupun dasbor,” lengkap Hanry, punggawa 788 Autocare.

Namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat proses membongkar material kabin yang dilapisi kulit. Apa saja bagian yang harus diperhatikan tersebut?


Sensor Airbag Penumpang
Mobil yang memiliki airbag penumpang biasanya menggunakan sensor berat di bawah jok. Dengan begitu komputer dapat mengetahui saat ada yang menduduki bangku penumpang depan dan meledakkan airbag penumpang saat kecelakaan.

Saat melepas jok dari dudukannya, pastikan soket sensor dilepas dengan baik. Pun memasangnya kembali ketika selesai memperbaiki jok.

Cara mengetahui sensor sudah bekerja adalah dengan menjalankan mobil dengan penumpang di samping tidak menggunakan seatbelt. Indikator bergambar seatbelt akan berkedip di panel instrumen. Itu menandakan sensor berat sudah bekerja normal. Atau di beberapa mobil mewah, logo airbag akan tetap menyala saat mesin dihidupkan.


Kelistrikan Panel Pintu
Untuk memudahkan pengerjaan, panel pintu akan dilepas saat akan memperbaiki bahan kulit. Sama dengan sensor airbag, pastikan soket penghubung ke power window dilepas dengan baik. Jangan lupa mencoba mengoperasikan power window saat pekerjaan perbaikan usai.
   

Kelistrikan Dasbor
Banyaknya tombol dan indikator di dasbor membuat membuat sistem kelistrikan di balik dasbor terkesan rumit dan kompleks. “Namun de­ngan sistem soket yang diterapkan pada mobil masa kini membuat proses membongkar dasbor jadi lebih mudah,” lugas Agus. Kesulitan membongkar dasbor adalah beberapa mobil butuh tools khusus.

Agus melanjutkan bahwa sistem soket mobil Jerman lebih mudah dicopot dan pasang kembali lantaran bentuknya yang spesifik. “Soketnya berbeda satu dengan yang lain. Jadi risiko tertukar saat dipasang kembali menjadi semakin kecil,” lanjut pria asal Solo itu. Meski begitu, lakukan inspeksi setelah pemasangan kulit dengan mengoperasikan tombol-tombol yang ada.


Komputer Mobil
Workshop jok kulit mengambil jalan mudah dengan melepas kabel ke aki mobil saat ingin membongkar kabin mobil. Setelah itu baru melepaskan soket yang menempel di panel.

Setelah kabel aki dipasang kembali, periksa sistem kelistrikan dengan memutar kunci kontak ke posisi ON. Setelah sekian detik semua lampu peringatan akan mati.

Jika tetap menyala, berarti ada masalah dengan bagian tersebut. Segera periksa ke bengkel resmi. Beberapa memori seperti radio juga bisa hilang. Lakukan pengaturan ulang agar dapat berfungsi normal kembali.
   

Material dan Pola Jahitan Kulit
Beberapa mobil dengan airbag samping ditempatkan di balik lapisan kulit di samping jok penumpang. Jangan sembarangan mengganti kulit di sini karena perbedaan bahan dapat membuat airbag justru tidak dapat mengembang saat diledakkan. Beberapa produsen memiliki bahan kulit yang spesifik untuk bagian tersebut.

Pun dengan airbag di dasbor. “Biasanya di bagian ini memiliki pola jahitan yang berbeda dengan kulit di bagian lain. Nah, kami mencoba untuk mengikuti pola jahitan tersebut agar airbag bisa keluar,” urai Agus.


Tuas Transmisi
Bahan kulit di ujung tuas transmisi sering dipegang sehingga memudar atau bahkan rusak. Masalahnya, ujung tuas menyambung ke bawah konsol te­ngah. Bengkel jok kulit biasanya tidak mau melepaskan karena pro­sesnya sulit. Sedangkan kalau diperbaiki tanpa melepas tidak akan rapi. Untuk ini Anda bisa membawa mobil ke bengkel umum untuk melepaskannya dan membawa tuas transmisi ini ke workshop jok kulit.