Tips Merawat Panoramic Roof di Mobil

Tips Merawat Panoramic Roof di Mobil



Tips Merawat Panoramic Roof di Mobil -  Mobil dengan fitur panoramic roof memberi kesan mewah. Tidak heran bila fitur ini dulunya hanya dimiliki mobil-mobil mewah seperti mobil Eropa. Namun kini banyak pabrikan Jepang dan Korea memakai fitur ini untuk menambah aksen mewah.

Umumnya Agen Pemegang Merek memberikan garansi untuk panoramic atau sun roof, seperti PT KIA Motors Indonesia yang memberi garansi komponen selama lima tahun atau 150.000 km. Meski begitu perawatan rutin sendiri tetap diperlukan

“Merawat panoramic roof memang membutuhkan ketelitian karena bersinggungan langsung dengan matahari dan hujan. Pemilik harus rajin memeriksa khususnya saat musim hujan,” ujar Riyanto W. Tarunadjaja, Kepala Cabang KIA Sunter, Jakut.

Riyanto menambahkan tidak ada usia pakai optimal, tetapi bukan berarti tidak perlu perawatan. Cara untuk merawatnya tergolong mudah karena Anda cukup menyiapkan peralatan seperti cairan pembersih khusus karet, pelumas semprot dan kain lap.

Terpaan matahari dan hujan membuat mekanisme panoramic roof perlu perawatan

Begini Cara Merawatnya

1. Bersihkan kotoran yang menempel di karet sunroof dengan cairan khusus karet agar tidak merusak karet. Cairan tersebut bisa Anda cari di toko aksesori mobil. Setelah itu, bersihkan karet sunroof dengan lap kain bersih. Tujuannya, agar karet tidak cepat getas yang mengakibatkan kebocoran. Lakukan langkah ini minimal sebulan sekali.

2. Perhatikan kebersihan saluran pembuangan air yang terletak di bagian belakang ujung kaca panoramic. Pastikan saluran air tidak tersumbat. Cara membersihkannya cukup dengan menyiram air secara perlahan ke dalam saluran pembuangan itu atau bisa dengan menyemprotkan menggunakan kompresor udara.
   

3. Mengingat sunroof tipe geser memakai sliding rail, bagian tersebut perlu diolesi pelumas khusus agar kinerjanya tetap optimal. Caranya dengan melumasi rel sunroof dengan grease (gemuk) cair yang berbentuk tabung. Pastikan rel tidak kering karena bisa merusak kinerja sehingga akan sulit untuk dibuka atau ditutup. Pengecekan pelumas ini bisa dilakukan selama enam bulan sekali.

4. Teliti saat mencuci mobil Anda baik sendiri maupun ke car wash. Bila Anda mencuci di car wash, pastikan bagian kaca pada panoramic roof dicuci dengan bersih tanpa meninggalkan noda bekas air. Efeknya bisa membuat kaca cepat berjamur. Termasuk pula ketika membersihkannya sendiri di rumah. Posisinya yang tinggi dan menyulitkan kerap membuat kita malas menjangkaunya. Gunakan penopang tubuh seperti kursi atau tangga agar mudah menjangkaunya.