Cara Hilangkan Noda dan Bau dari Mesin Diesel

Cara Hilangkan Noda dan Bau dari Mesin Diesel



Musuh utama mobil bermesin diesel adalah partikel berupa jelaga yang dihasilkan oleh gas buang melalui knalpot. Jelaga tersebut merupakan sisa pembakaran sulfur yang masih terdapat dalam bahan bakar diesel.

“Memang, saat ini BBM diesel modern telah berkurang drastis kandungan sulfurnya. Meski begitu, selama masih ada sulfur, maka mesin diesel akan tetap menghasilkan jelaga, walau dalam porsi kecil sekalipun,” urai Anthony dari Car Care Shop.

Jelaga dapat menempel di berbagai tempat. Yang paling mudah tentunya ujung knalpot atau bumper belakang. Atau bagian depan mobil jika mobil yang Anda kendarai kerap berada di belakang mobil diesel, seperti truk atau bus.

Tidak dalam waktu singkat, namun pasti akan membuat panel bodi kotor. Jika tidak segera dibersihkan, noda akan menumpuk dan kian sulit untuk dihilangkan.

Sialnya, asap knalpot juga dapat menerobos masuk ke dalam kabin. “Makanya, saat mesin baru dinyalakan, dimana pembakaran belum sempurna dan jelaga lebih banyak dihasilkan, sebaiknya jangan buka kaca atau pintu sehingga asap knalpot tidak bisa masuk,” lanjut Anthony.
       
Inilah jelaga dari asap knalpot mobil diesel     Potong kecil-kecil daun pandan dan letakkan di bawah jok penumpang depan     Bersihkan ujung knalpot agar tidak terlihat kusam

Eksterior

Saat mencuci mobil, cobalah perhatikan area bumper di sekitar ujung knalpot. Kalau sudah terdeteksi adanya kotoran bekas asap knalpot, segera bersihkan. Jangan tunggu hingga menumpuk dan susah dihilangkan.

Caranya, gunakan minyak tanah sebagai media pembersih. Lap dan angkat noda dengan lap kain. Bilas dengan air dan seka dengan kain bersih.

Kalau sulit mencari minyak tanah atau kurang manjur, Anda bisa menggunakan produk bug and tar removal atau exterior cleaner. Semprotkan pada bagian yang kotor dan seka dengan kain bersih. Kalaupun cara di atas masih gagal, bisa dipakai heavy duty cleaner dengan konsentrat pembersih lebih kuat.  

Beberapa mobil memakai ujung knalpot berlapis krom sebagai pemanis. Menempelnya noda jelaga membuat tampilannya kusam atau menguning. Bila masih di taraf ringan, Anda bisa menggunakan sabun pembersih pakaian yang dilarutkan dalam air. Lap pada bagian yang ada jelaganya.

Jika masih ada noda, bisa di­pakai exterior cleaner. Masih juga tak mau hilang? Bisa pula dipakai kompon halus. Tapi ha­rus segera dikeringkan dengan kain bersih agar tidak timbul noda baru sisa dari bahan kompon.
       
Noda jelaga di bumper belakang     Semprotkan cairan pembersih ke bumper dan seka agar noda terangkat     Bumper yang bersih dan terhindar dari noda asap knalpot

Interior

Kalau mobil Anda menggunakan BBM solar bersubsidi, potensi jelaga masuk lebih kabin besar lantaran sulfur yang dikandung lebih besar dari BBM non subsidi. Apalagi saat mengisi solar, lantai SPBU kerap kali kotor. Terbawa oleh alas kaki, kotoran masuk ke dalam kabin. Tidak hanya kotor, namun bau khas solar pun turut terbawa.

Makanya, beri perhatian khusus pada karpet sisi pengemudi. Bersihkan dengan cairan pembersih secara rutin, misalnya seminggu sekali. Waspadai pula area lain yang kerap kontak dengan tubuh, seperti bangku, kemudi, tuas transmisi, dan panel pintu.

Bagi sebagian orang, bau khas gas buang mesin diesel sangat mengganggu. Namun bagaimanapun Anda mencegahnya, bau tersebut akan menyelinap masuk. Tidak perlu parfum untuk menghilangkannya.
   
Bersihkan karpet sisi pengemudi untuk menghilangkan jejak noda dari BBM diesel

“Bau parfum yang kuat justru akan menimbulkan masalah baru, yaitu bau menyengat baru yang berasal dari bau asap knalpot dan parfum. Lebih baik gunakan bahan alami untuk me­reduksi bau asap knalpot mobil diesel,” urai Anthony lagi.

Dua atau tiga batang daun pandan bisa dimanfaatkan se­bagai media penetral bau. Potong atau cacah hingga banyak. Getah yang keluar menimbulkan aroma yang diyakini sanggup menetralkan bau tak sedap. Letakkan di bawah jok penum­pang depan atau di bawah dasbor kiri tempat AC menarik udara kabin untuk sirkulasi. Ganti daun pandan setiap seminggu sekali.