Cara Memperbaiki Dasbor Mobil

Cara Memperbaiki Dasbor Mobil



Dasbor mobil menjadi salah satu komponen penting di mobil. Selain untuk meletakkan beberapa indikator, juga untuk menunjang faktor keamanan dan kenyamanan. Seperti meletakkan kisi AC berikut pengaturnya, airbag serta sistem audio .

Mayoritas mobil menggunakan material plastik yang dicat. Meski ada pula yang dilapis kulit. Jika jarang dirawat, tentu permukaannya plastik itu akan tampak kusam, warna memudar dan lainnya. Baik akibat iklim tropis yang memiliki perubahan suhu yang drastis ataupun memang kerap tersentuh tangan. Tak jarang pula, "kecelakaan" seperti terkena benda tumpul atau tajam, membuat permukaan dasbor tergores ataupun bolong.

Kalau sudah begitu apakah dasbor bisa diperbaiki dan kembali seperti semula? Tidak usah khawatir, karena banyak orang-orang cerdik yang mampu membantu pemilik mobil untuk memperbaiki dasbor mobilnya. Mulai dari kerusakan ringan, hingga kerusakan berat sepeti dasbor pecah karena airbag mengembang.

“Kerusakan pada dasbor berbeda-beda. Mulai dari mengembalikan warna yang kusam, menghilangkan baret-baret pada dasbor, hingga memperbaiki dasbor yang pecah,” kata Jojo, dari Ide Utama Reparasi Dasbor di Jl Taman Sari Raya Pasar Proyek Asem Reges, Jakarta Barat. Seperti apa proses perbaikannya?

   

Dasbor harus dibongkar agar mudah dikerjakan
   

Komponen dasbor perlu diukir seperti motif dari pabrikan

Mengembalikan Warna

Biasanya hal ini dilakukan pada kendaraan yang sudah berumur lebih dari sepuluh tahun. Sinar matahari adalah faktor pemicu kusamnya permukaan dasbor.

Untuk mengembalikan warna semula dasbor, Jojo melakukan pengecetan ulang pada dasbor. Tentunya dasbor harus dibongkar secara menyeluruh dan dicat di luar mobil agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Pekerjaan ini masih tergolong ringan, sehingga untuk mengembalikan warna dasbor yang kusam hanya dikenakan biaya Rp 450 ribu.

Menghilangkan Baret

Untuk pekerjaan ini, tergolong agak rumit. Terlebih pada dasbor yang memiliki motif seperti kulit jeruk, Jojo harus membuat ulang motif kulit jeruk yang terkikis akibat gores (scratch). Bisa dibilang, proses ini seperti orang mengukir.

Setelah motif itu dibuat, Jojo pun melakukan pengecetan ulang agar permukaan yang terkena scratch dengan permukaan lainnya memiliki warna yang seragam. Untuk proses ini, dibutuhkan biaya Rp 500 – 700 ribu, tergantung tingkat kesulitan pekerjaan.

   

   

Beberapa bengkel kerap meminta perbaikan
   

Pengeleman dilakukan untuk menutupi sobek
   

Sebelum dasbor diukir, dempul plastik digunakan untuk menutup kerusakan

Memperbaiki Dasbor Pecah

Tidak sedikit dasbor mobil yang sudah mulai retak atau pecah akibat pemakaian sehari-hari. Tanpa Anda sadari jalan bumpy juga bisa membuat kaki-kaki dasbor rusak.

Dasbor pecah pun juga bisa dikarenakan keluarnya airbag saat terjadi benturan yang keras pada mobil. “Kerusakan itu bisa diperbaiki,” ujar Jojo singkat.

Untuk memperbaiki dasbor yang pecah biasanya Jojo menutupnya dengan lem plastik agar kembali seperti semula. Setelah permukaan luar dan dalam sudah dirapatkan kembali dengan lem, baru dibuatkan motif pada dasbor tersebut.

Hasilnya motif kulit jeruk yang ada pada dasbor bisa kembali timbul, walaupun awalnya dasbor itu pecah. Untuk biaya perbaikan dasbor ini membuthkan biaya hingga Rp 850 ribu dan waktu pemekerjaan 7 hari.