Cara Restorasi Jok Kulit Mobil

Cara Restorasi Jok Kulit Mobil



 Bahan jok kulit asli bisa saja bermasalah. “Yang sering kena masalah adalah jok pengemudi karena paling sering diduduki,” terang Supardi, dari Maestro Interior Leather, di bilangan Pulomas, Jakarta Timur. Berawal dari pudarnya warna, lanjut semakin kusam, pecah-pecah, robek, bahkan hingga bolong.

“Biasanya kami mengganti bagian jok yang rusak tersebut. Bisa perbagian seperti headrest atau sandaran punggung, namun bisa pula satu jok utuh,” lanjut Supardi. Bahannya bisa dicarikan yang satu merek. Risiko belang akan terjadi. Tapi setelah 3 sampai 6 bulan jok rekondisi akan kembali sama.

Bagaimana jika Anda kesulitan mencari bahan pengganti yang sesuai? Atau sayang menggantinya karena bawaan mobil kesayangan atau mobil antik? Proses restorasi bisa dijadikan rujukan.

“Kami bisa merestorasi jok yang rusak hingga rapi seperti sedia kala. Tidak ada bekas diperbaiki,” terang Hanry M dari 788 Auto Care di bilangan Batu Sari, Kemanggisan, Jakarta Barat.
       
Jok kulit bolong seperti ini masih bisa direstorasi...     ...Dan inilah hasilnya setelah proses restorasi     Kerusakan ini masih bisa direstorasi agar kembali seperti semula

Dalam prosesnya, Hanry menggunakan formula racikan sendiri yang mengandalkan bahan water base yang ramah lingkungan. “Saya belajar dari metode menyamak kulit waktu mencari racikan yang pas tersebut agar bisa mendapatkan sifat yang sama dengan sifat kulit asli,” lanjut Hanry. Makanya ia berani menjamin bahwa hasil restorasinya bisa menyamai kualitas kulit asli.

Makanya, jika hanya warna kulit pudar bukanlah pekerjaan sulit. Menggunakan pen gun, warnanya akan serupa dengan aslinya. “Selain bahan racikan khusus, kunci lain dari proses restorasi saya adalah warna yang sama dengan aslinya. Untuk yang ini butuh keahlian khusus agar bisa didapatkan warna yang sesuai,” tegasnya.

Kalau hanya retak rambut masih masuk dalam kategori ringan. Karena ternyata bahan kulit yang bolong sekalipun sanggup diperbaiki. Hanry menggunakan bahan racikannya untuk menambalnya. Melalui beberapa tahapan proses, hasil penambalan dapat sama dengan bahan kulit aslinya.

Jangan khawatir jika jok kulit Anda memiliki profil permukaan yang khas ataupun evaporated. “Kami bisa membuat permukaannya agar sama dengan permukaan kulit aslinya sehingga sama dan tidak dapat dibedakan,” ulas Hanry.
   
Bagian yang pudar diolesi bahan untuk restorasi     Bagian yang akan diperbaiki dibersihkan lebih dulu

Yang patut dicatat, butuh waktu untuk pengeringan. Tapi walau permukaan jok sudah kering, tapi pori-pori bagian dalamnya masih basah. Untuk itu butuh proses alami saat mengeringkan. Makanya, ia mensyaratkan agar bangku yang direstorasi tidak digunakan dalam jangka 1 minggu.

Bagaimana dengan biaya? Untuk pekerjaan paling ringan seperti mengecat ulang permukaan jok, Hanry mematok harga minimal Rp 2,5 juta. Untuk pekerjaan lainnya, ia harus melihat dulu tingkat kerusakan jok kulit. Itu pun dengan catatan, ia tidak mau diburu-buru saat pengerjaan.

Hanry memberi garansi 1 tahun untuk pengerjaan di mobil ‘biasa’. Sedangkan untuk restorasi mobil koleksi ia memberi garansi seumur pakai selama tidak dijual pemiliknya. Oh ya, pekerjaan di atas tidak bisa untuk jok kulit imitasi karena tidak tahan panas.
   
Contoh hasil pekerjaan ringan restorasi jok kulit. Kiri sebelum diperbaiki dan kanan hasil akhirnya



Merawat Jok Kulit Asli

Yang terpenting adalah menjaga agar jok tidak mudah rusak. Seperti menghindari benda tajam mengenai jok. Lainnya adalah ketika membersihkan.

“Pembersih pakaian memiliki bahan kimia seperti deterjen yang ampuh dalam menghilangkan kotoran. Beberapa orang menggunakan bahan tersebut ketika membersihkan jok kulit. Memang langsung bersih. Masalahnya, bahan jok akan cepat pudar,” terang Supardi.



Oleh karena itu, hindari bahan kimia untuk membersihkan jok kulit. Kalau ragu, cukup gunakan air hangat dan sabun bayi untuk membersihkannya. Seka kotoran dengan kain lap yang telah dicelupi larutan tersebut.

Jok kulit juga butuh perawatan. Untuk itu hindari produk yang mengandung bahan silikon. Memang akan membuat jok tampak mengilap. Namun dalam jangka panjang, lapisan lilin yang terbentuk justru akan mempercepat proses retaknya jok kulit.