Waspada Serangan Hama di Mobil

Waspada Serangan Hama di Mobil



Jika Anda pernah menemui kecoa sedang merayap di dasbor mobil, tentu bisa membuat kaget sambil terpikir dari mana datangnya kecoa itu. Selain kecoa, tidak tertutup kemungkinan, semut atau tikus bisa menyerang mobil Anda.

Serangan ini bisa parah semisal ada segerombolan semut merah yang berbaris di jok belakang. Bukan tidak mungkin salah satunya bisa menggigit badan penumpang di mobil. Belum lagi jika tikus menggigiti kabel di ruang mesin hingga terkelupas atau malah putus. Ya, hal itu merupakan serangan hama atau tepatnya hama perkotaan (urban pest).

Alasan kami mengangkat isu ini tak lain adalah adanya pengalaman salah satu kru redaksi yang mobilnya kehilangan fungsi lampu akibat kabel lampunya putus digerogoti oleh tikus.

Namun siapa sangka ternyata ada cara menangani maupun mengantisipasi serangan hama ini? Kami tanyakan langsung ke pihak yang berpengalaman menangani hama yaitu Rentokil.

Menurut Irodat Al Giffari, Customer Development Excecutive Rentokil, ketiga hama yang disebutkan di atas merupakan hama yang mudah ditemui di perkotaan.

"Urban pest biasanya ada di lingkungan rumah, kantor, hingga kendaraan," ujar Irodat. Kemunculan hama itu menurutnya bukan tanpa sebab. Ada muasal yang mengakibatkan hama ini dapat hadir di kendaraan Anda.
       
Kalau bersih, hama enggan masuk     Awas, perhatikan bagian ini. Semut dapat masuk dari celah-celah karet bodi.     Ada celah di roda, kesempatan tikus masuk


SEMUT

Penyebab:
Semut merupakan hama yang sangat sering masuk ke kabin mobil. Ukurannya yang kecil membuatnya sangat mudah melewati celah kecil yang seharusnya menutup kendaraan Anda. Yang paling mengganggu adalah kebiasaannya berkoloni, termasuk ketika memasukki kabin. Sehingga jumlah semut yang hadir selalu banyak.

Dijelaskan oleh Irodat, semut bisa datang ke suatu tempat hanya berdasarkan satu alasan, yaitu adanya makanan. Dengan satu sebab itu, kita dapat membuat kesimpulan bahwa semut tak akan masuk ke kabin selama tak ada makanan yang bisa memancingnya.

Solusi:
Untuk mencegah dan menghindari agar kabin mobil Anda tidak dimasukki semut adalah dengan tidak menyisakan kotoran sisa makanan apalagi makanan utuh di kabin. Sering menjaga kebersihan mobil dengan membersihkan menggunakan vacuum cleaner dapat mencegah kedatangan semut.

Selain itu, perhatikan karet-karet di pintu atau kaca mobil, pastikan tak ada yang renggang untuk mengurangi akses semut untuk masuk.

Jika semut sudah terlanjur ada di dalam kabin, ada baiknya Anda menggunakan pestisida berbentuk gel pada posisi yang mudah Anda bersihkan untuk memancing dan mematikannya. Setelah itu bersihkan semut dan pestisida yang tersisa.

KECOA

Penyebab:
Kecoa merupakan serangga yang memiliki ketahanan tubuh sangat kuat. Ia bisa bertahan hidup di satu lingkungan dalam waktu yang sangat lama. Perlu Anda ketahui kalau kecoa tak mungkin masuk dengan inisiatifnya sendiri ke dalam kabin mobil. Biasanya ia terbawa oleh barang-barang yang Anda masukkan seperti kardus, tabung air, tabung gas, tas, dan lainnya.

Jika kabin atau bagasi Anda lembab dan berdebu, maka kondisi tersebut merupakan situasi yang membuat kecoa tersebut nyaman di dalam mobil Anda.

Solusi :
Membunuh kecoa merupakan perkara mudah jika Anda menghalalkan cara memukulnya hidup-hidup. Namun bercaknya akan menimbulkan masalah baru. Gunakan pestisida gel di beberapa titik yang mudah Anda bersihkan agar kecoa terpancing untuk memakannya lalu mati seketika.
   
Tikus salah satu hewan yang kerap masuk ke dalam mobil     Gunakan pestisida untuk membunuh kecoa

TIKUS

Penyebab:
Tikus merupakan satu-satunya golongan mamalia yang dapat masuk ke kendaraan Anda. Kenapa kami tak memasukkan kucing ke urban pest, karena kucing jarang merusak langsung kendaraan Anda.

Berbeda dengan kucing yang tak sengaja masuk ke ruang mesin, tikus masuk ke area mesin Anda karena satu hal. Bukan mencari makanan tapi hanya untuk mengasah giginya.

Ya, tikus senang menggerogoti kabel dengan alasan yang sepele, hanya untuk melatih gigi dan rahangnya agar tetap tajam dan siap mengunyah semua yang ia mau.

Kabel dengan konstruksi kenyal dan keras merupakan benda kesukaan tikus untuk melatih giginya. Konsekuensinya adalah kabel di ruang mesin mobil Anda akan putus dan perangkat di mobil yang harusnya tersambung kabel tersebut menjadi malfungsi.

Solusi:
Tak ada yang bisa mencegah agar tikus tak bisa masuk ke dalam ruang mesin mobil Anda. Pasalnya banyak akses bagi tikus menyelinap ke ruang mesin.

Satu-satunya cara adalah dengan memasang pestisida untuk memusnahkannya.

Irodat pun memaparkan bahwa tikus biasanya masuk ke wilayah ruang mesin lewat satu akses yaitu ban. "Satu-satunya medium yang menghubungkan mobil dengan tanah adalah ban, jadi dengan menaruh pestisida di sekitar ban atau di atas ban maka dapat membuat tikus tak sempat masuk ke ruang mesin lalu mati," imbuh Irodat.
       
Kabel engine bay paling mudah dijangkau tikus     Hindari meninggalkan barang penuh di mobil     Jangan tinggalkan sisa makanan dalam mobil

Perhatikan !
Jangan menggunakan pestisida cair atau aerosol di dalam kabin. Pestisida cair dan aerosol sangat mudah menguap bersama udara dan tersirkulasi bersama AC lalu bisa meracuni manusia jika dihirup dalam jumlah banyak serta waktu yang lama. Sebaiknya gunakan pestisida gel dan langsung dibersihkan setelah hama mati.