2015 Subaru WRX: Baru Diluncurkan Sudah Dihujat

2015 Subaru WRX: Baru Diluncurkan Sudah Dihujat



#rentalmobilnabil #rentalmobil #mobil Subaru Amerika secara resmi memamerkan sedan sport WRX 2015 di LA Auto Show sejak 20 November yang lalu dan eventnya resmi ditutup 1 Desember kemarin. Sayangnya, versi produksi WRX jauh berbeda dengan versi konsepnya yang dipamerkan di Geneva Motor Show 2013. Beberapa pihak menyebut bahwa ini sih masih seperti Impreza, tak ada gunanya Subaru repot-repot membuat versi konsep segala.

Roh Impreza masih terasa kuat pada WRX baru, termasuk daleman interiornya. Tak ayal banyak komentar negatif bermunculan di berbagai situs gede di luar negeri sana, hingga rating WRX akhirnya menurun beberapa persen. Awalnya versi produksi WRX sangat dinanti-nanti calon konsumen di negeri paman Obama-San, mengingat konsepnya saja sangat keren, berdesain tajam dan agresif.

Sayang, beberapa hari sebelum LA Auto Show dibuka secara resmi, bocoran gambar WRX versi produksi bermunculan di internet dan langsung jadi bulan-bulanan ribuan komentator, ya untunglah bukan perang sales. Setelah itu Subaru merilis foto resminya yang sama persis dengan bocoran gambar WRX, cocok dah. Meski demikian, itu hanyalah kicauan konsumen di negeri paman Obama.

2015 Subaru WRX dibekali mesin boxer 2.0-liter 4-silinder terbaru dengan turbocharged yang sanggup melontarkan hingga 268 HP pada 5,600 rpm dan torsi puncak 258 lb-ft pada 2,000-5,200 rpm. Mesin boxer tersebut tersedia baik dengan transmisi manual 6-speed sebagai standar, maupun Sport Lineartronic CVT terbaru sebagai opsional. Akselerasi 0-60 mph (0-100 km/jam) bisa dirampungkan WRX dalam waktu 5,4 detik, berbekal gearbox manual 6-speed.
Turbocharged 2.0-liter BOXER 4-Cylinder EngineTurbocharged 2.0-liter BOXER 4-Cylinder Engine

Fuji Heavy Industries membekali WRX dengan sistem SI-DRIVE (Subaru Intelligent Drive) yang menawarkan tiga mode berbeda, termasuk Intelligent, Sport dan Sport Sharp. Sistem torque-vectoring baru juga disematkan pada WRX agar membuat handlingnya semakin lincah, plus performa meningkat dan corner speed (kecepatan menikung) yang lebih baik.

Beberapa revisi lain yang dilakukan Subaru seperti menyematkan sasis baru yang lebih kaku, pengaturan suspensi direvisi plus diameter rem lebih gede dibanding sebelumnya. Sistem Subaru Symmetrical AWD kini tersedia dalam dua versi berbeda. WRX dengan transmisi Lineartronic CVT dibekali dengan sistem Symmetrical AWD terbaru dengan Variable Torque Distribution (VTD), gunanya untuk mengoptimalkan distribusi torsi dan memberikan handling lebih gesit.

Terlepas dari apa yang dikomentarkan orang-orang, Subaru menekankan bahwa eksterior WRX mengadopsi desain agresif dikombinasikan dengan konsep sedan sport yang canggih. Subaru menyebut desain bumpernya beda dari yang lain, sementara headlights and taillight-nya unik bro. WRX menggunakan velg standar berdiamer 17-inch dengan ban Dunlop SP Sport Maxx RT (235/45 R17 94W).


Area kabin lebih lapang dan dibalut dengan material lebih baik, sedangkan kenyamanannya telah ditingkatkan. Subaru membenamkan beberapa fitur interior seperti sistem audio premium harman/kardon dengan 9-speaker dan 440-watt, multi-information display dengan layar LCD 4.3-inch dan instrument cluster baru. Selain itu, hadir juga flat-bottomed steering wheel, automatic climate control, kursi depan dengan pemanas dan fabric sport seats.

Rival abadi Subaru WRX adalah Mitsubishi Lancer Evo dan Lancer Ralliart. Tapi kompetitor lainnya juga masih mengintai dari belakangnya, yang tak lain tak bukan adalah Ford Focus ST, Audi S4 Sedan, Volkswagen Golf GTI, Honda Civic Si, Hyundai Veloster Turbo dan Mazdaspeed3.