All-New Ford S-MAX: MPV 7-Penumpang untuk Pasar Eropa

All-New Ford S-MAX: MPV 7-Penumpang untuk Pasar Eropa



Setelah diperkenalkan dalam bentuk konsep MPV tujuh-penumpang di Geneva Motor Show tahun lalu, Ford akhirnya siap memperkenalkan All-New S-MAX di Paris Motor Show bulan depan.

Generasi-kedua Ford S-MAX memiliki banyak kemiripan dalam hal desain eksterior dengan dua saudaranya yakni Ford Focus dan Fiesta. Selain itu, S-MAX juga memanfaatkan basis platform Ford Fusion (Amerika) atau Mondeo yang dipasarkan di Eropa.

Namun, MPV baru ini tampil beda dengan model yang dijual saat ini di pasar Eropa, berkat desain lampu depan yang lebih ramping dan pengaplikasian grill trapezoidal dengan sentuhan krom.

Karena menggunakan platform yang sama seperti Ford Mondeo, S-MAX juga akan dilengkapi dengan fitur power-folding seats di baris kursi kedua dan ketiga, serta sistem hands-free tailgate yang ditawarkan pertama kali pada Ford Kuga.


Untuk fitur keselamatan, Ford membekalinya dengan new active parking system, blind spot monitoring, automatic braking, lane-keeping assist dan airbag samping di bagian belakang.

Generasi-kedua Ford S-MAX akan ditawarkan dalam beberapa pilihan mesin, meskipun belum dikonfirmasi. Diantaranya adalah mesin diesel 2.0-liter TDCI yang menawarkan tiga output tenaga berbeda, mulai dari 118 HP, 148 HP dan 177 HP.


Varian diesel akan ditawarkan dengan opsi transmisi manual 6-speed dan girboks otomatis dual-clutch. Selain itu, MPV 7-penumpang ini juga akan tersedia dengan dua opsi mesin bensin, termasuk mesin 1.5-liter EcoBoost bertenaga 158 HP dan mesin bensin 2.0-liter EcoBoost yang mampu memuntahkan 237 HP.

All-New Ford S-MAX dijadwalkan akan mulai dijual di pasar Eropa mulai tahun depan dengan banderol harga sebesar 30,000 EUR atau setara Rp 465,3 juta. Untuk pertama kalinya, MPV anyar ini juga akan tersedia sebagai varian all-wheel di pasar Eropa.