Bahaya Laten pada mobil anda Saat Penghujan

Bahaya Laten pada mobil anda Saat Penghujan



#rentalmobilnabil Memasuki musim penghujan seperti sekarang ini, kebersihan mobil harus tetap dijaga. Tidak hanya noda akibat sisa air hujan, namun kondisi karet mobil dan sil perlu mendapat perhatian lebih, terutama di bagian pintu. Apalagi bila mobil Anda tergolong lawas. Pasalnya, pintu kerap terabaikan oleh sang empu bahwa bagian ini juga memiliki sistem kelistrikan.

Sebut saja motor power window, central door-lock, speaker hingga door-lamp. Bila komponen tersebut terkena air, tentu bisa fatal akibatnya. kemungkian menjadi pemicu kebakaran pun bisa terjadi. Bila sistem kelistrikan mengalami hubungan singkat (korsleting).

Tak heran bila produsen mobil begitu melindungi kelistrikan tersebut dengan menyematkan plastik pembungkus bagian dalam doortrim dan karet lis kaca. semua itu agar air tidak menyusup masuk ke area kelistrikan di pintu. Bahkan master switch power window pun telah dilengkapi sil agar lebih tahan terhadap tetesan air ketika kaca atau pintu terbuka saat hujan.

“Jika air masuk ke dalam, segera keringkan dengan kain kering atau microfiber. Karena kalau sudah masuk ke dalam door trim, bisa mengenai komponen kelistrikan yang berada di pintu,” jelas Anjar Rosjadi, Technical & Warranty Dept. Head PT Astra Daihatsu Motor.

Untuk itu, tidak ada salahnya untuk memeriksa karet lis kaca. Sebab bila sudah getas atau tidak menutup sempurna, maka air akan dengan mudah menyusup masuk. Bila kondisinya masih baik, gunakan penetran untuk mempertahankan elastisitasnya.

Selain itu, penutup plastik di bagian dalam door trim pun perlu diperiksa. Apalagi bila Anda pernah melakukan perbaikan sehingga sering kali mekanik lalai untuk memasangnya kembali. Bila dibiarkan, korsleting bisa terjadi dan bunga api dapat memicu terjadinya kebakaran. Pastikan kondisi plastik terpasang sempurna. Caranya dengan membuka door trim pada bagian pintu lalu rekatkan atau ganti plastiknya bila telah rusak.

Kemudian pastikan kaca dapat tertutup rapat. bila tidak, coba untuk menyetel jalur kaca. Kondisi karet chanel yang telah rusak pun dapat menjadi penyebab terjadinya kebocoran, Segera ganti bila telah rusak. Penyebab lainnya adalah motor power window yang telah lemah sehingga tidak mampu m,enutup kaca dengan sempurna. Untuk central door-lock, bersihkan saklar tombol pengunci menggunakan cairan penetran. Cairan ini dapat menghilangkan kadar air yang berada di saklar central door-lock.

Penambahan aksesori berupa talang air juga turut membantu untuk meminimalkan air hujan menyusup masuk saat kaca sedikit terbuka. Antisipasi tersebut dapat mencegah air masuk ke inetrior.