Beda Bahan Beda Perlakuan

Beda Bahan Beda Perlakuan


Berbeda dengan eksterior, interior mobil memiliki lebih banyak jenis material. Untuk merawatnya butuh perlakuan berbeda. Berikut ini beberapa tips bagaimana merawat masing-masing bahan yang ada.

Beledu

Bahan beledu tak setahan material lain. Untuk membersihkannya sediakan interior cleaner dan kain mikrofiber. Agar mudah, semprotkan cairan pembersih pada aplikator. Usap secara perlahan dengan gerakan searah. Jika seratnya terangkat, berarti arahnya salah. Lakukan berulang hingga kotoran hilang. Setelah selesai, keringkan dengan kain mikrofiber.
   
Kulit

“Secara garis besar, ada dua jenis perawatan kulit, yakni pembersih (leather cleaner) dan pelembab (leather conditioner alias lotion),” ujar Andreas Sinarto, distributor Auto Leder.

Pembersih kulit hanya dipakai membersihkan kotoran. Sedangkan pelembab berfungsi menjaga kelembaban dan elastisitas kulit.

Gunakan busa aplikator, dan bersihkan jok dengan gerakan memutar tanpa ditekan. Seka dengan kain mikrofiber. Terapkan cara serupa untuk conditioner. Idealnya perawatan kulit dilakukan 1-2 minggu sekali.

Plastik

Musuh utama plastik adalah sinar ultraviolet matahari yang bisa memudarkan warna plastik bila dibiarkan. Untuk membersihkan dan merawatnya, pastikan seluruh permukaan bersih dari debu.

Tuangkan cairan ke lap. Untuk jenis semprot, arahkan ke bidang yang kan dibersihkan. Gunakan lap dengan gerakan memutar dan tekanan merata. Sebagai pelindung, manfaatkan produk interior conditioner.

Krom, kayu dan panel mengilap

Krom mudah terlihat buruk bila tak dirawat. Padahal cukup bermodalkan kain mikrofiber, kotoran seperti lapisan bekas minyak di tangan langsung lenyap.

Tak perlu cairan karena jika tak kering sempurna malah menimbulkan jamur, atau yang terburuk timbul karat. Untuk kotoran membandel gunakan interior cleaner, namun pastikan kering sempurna.

Perlakuan serupa bisa diterapkan pada panel kayu dan mengilap lainnya. Karena material ini dilapisi pernis pelindung. Oleskan sedikit wax bodi pada kain dan bubuhkan dengan gerakan searah.