Bersihkan Eksterior Pasca Mudik

Bersihkan Eksterior Pasca Mudik




#rentalmobilnabil Prosesi libur Lebaran selesai bukan berarti perhatian Anda pada mobil berkurang. Bukan apa-apa. Mobil yang baru kembali dari perjalanan panjang justru membawa ‘oleh-oleh’ kotoran di berbagai sudut.
Namun sebelumnya cuci mobil hingga bersih untuk memudahkan memantau sisa kotoran yang masih menempel. Pastikan mobil kering sempurna agar tidak meninggalkan masalah baru. Dan berikut beberapa bagian luar mobil yang harus Anda bersihkan pasca libur.

Bodi mobil
Aspal adalah musuh pertama yang harus dienyahkan. Umum tampak di bagian belakang spatbor. Agar mudah, dapat dimanfaatkan cairan Tar & Bugs Removal. Jika membandel dapat dicungkil dengan cutter dan sisanya dilap dengan cairan di atas.
       

Berikutnya adalah serangga mati. Sering terlihat di kap mesin dan gril. Membersihkannya juga bisa dilakukan dengan Tar & Bugs Removal.    Saat mudik bisa saja kita alpa mencuci mobil. Noda bisa dihilangkan dengan exterior cleaner. Caranya mudah, bersihkan noda air dengan cairan di atas dan keringkan. Sebagai tambahan, panel krom harus segera dikeringkan agar tidak timbul noda.

Kaca mobil
Kalau ada bekas serangga menempel, bisa dihilangkan dengan Tar & Bugs Removal. Jika yang tersisa adalah noda air ringan, gunakan saja glass cleaner. Hal yang sama berlaku untuk kaca lampu depan dan belakang.


Tanpa sadar, sisi dalam kaca sering kotor karena noda tangan anak kecil. Masalah ini bisa dituntaskan dengan kain mikrofiber. Andai noda sulit dihilangkan, dapat dipakai lap setengah basah oleh air hangat. Pastikan kaca bersih dan kering, terutama untuk kaca depan.

Kolong Mobil
Bagian ini sering terlupakan. Padahal karat sering kali lahir dan berkembang. Bisa dibersihkan memakai lap yang dilumuri sabun. Seka dan bilas dengan air untuk merontokkan kotoran. Jangan menggunakan sikat karena akan merusak lapisan anti karat. Periksa kolong bumper dan kaki-kaki karena sampah sering menyangkut di sana.
   

Pelek
Cara penanganannya mirip dengan bagian lain. Ban juga bisa dibersihkan dengan sikat untuk merontokkan kotoran yang menempel. Menyemir ban tentu membuat penampilan makin mengilap. Jangan gunakan yang berbahan silikon karena akan merusak permukaan dinding ban.