BMW i8 Plug-in Hybrid Curi Perhatian di IIMS 2014

BMW i8 Plug-in Hybrid Curi Perhatian di IIMS 2014


 BMW Indonesia secara resmi memboyong sports car futuristik ‘BMW i8′ untuk pertama kalinya di Indonesia Motor Show pekan ini. Ini merupakan startegi pabrikan mobil asal Jerman tersebut untuk kian mempertajam kehadirannya di tanah air sebagai sebuah merek premium.

Di jantung mekanisnya, BMW i8 dibekali dengan sistem plug-in hybrid yang terdiri dari sebuah mesin bensin TwinPower Turbo 1.5-liter tiga-silinder dan sebuah motor listrik.

Mesin twin-turbo 1.5-liter tersebut mampu memuntahkan tenaga maksimum 231 HP dan torsi sebesar 320 Nm yang disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis 6-speed.

Berkat dukungan baterai lithium-ion bertegangan tinggi dengan kapasitas 5-kWh, motor listriknya mampu menyumbang tenaga setidaknya 131 HP yang ditransfer ke roda depan melalui transmisi otomatis 2-stage.

Sementara itu, total output tenaganya jika digabung bisa mencapai hingga 362 HP dan torsi sebesar 570 Nm. BMW i8 diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 4,4 detik dan memiliki konsumsi BBM yang cukup irit yakni hanya 2.5 liter/100 km.

Sports car berkonfigurasi 2+2 ini mampu melakukan perjalanan sejauh 35 km hanya dengan dukungan motor listriknya, tapi top speednya dibatasi sampai 120 km/jam. Namun, mobil berteknologi plug-in hybrid ini sanggup melancong hingga 500 km dengan dukungan mesin bensin dan motor listrik.