Bunyi-bunyi yang biasanya terjadi dimobil

Bunyi-bunyi yang biasanya terjadi dimobil



Bunyi-bunyi yang biasanya terjadi dimobil - #rentalmobil #rentalmobilnabil #mobil Bunyi-bunyi abnormal pada mobil, kadang membuat pengemudi risih, dan ada juga yang mengacuhkan bunyi tersebut. Bunyi yang timbul saat mesin itu menandakan ada yang tidak beres dimobil dan mobil itu memberitaukan ke kita untuk diperiksakan atau duperbaiki komponen yang tidak normal itu.

Beriktu bunyi-bunyi abnormal yang biasa terjadi dimobil :
1. Bunyi Mendengung terjadi di mesin
Bunyi mendengung dapat disebabkan dari bearing tensioner yang mulai aus atau sistem power steering yang kemasukan udara.
2. Suara Cit-cit pada mesin
Suara cit-cit terjadi dikarenakan tali kipas (fan belt) yang kendor atau konsisi fan belt kering atau sudah rusak, jika fan belt kendor kencangkan dan jika fan belt kering maka lumasi fan belt dengan gemuk atau paslin, dan jika kondisi fan belt yang rusak (pecah-pecah/putus) ganti baru saja
3. Bunyi tek-tek dimesin
Bunyi tek-tek dimesin disebabkan dari setelan klep/katup terlalu longgar, jika mobil anda setelannya sudah otomatis kemungkinan Hidraulic Adjuster Valve bermasalah,
4. Bunyi ngorok dimesin
Bunyi ngorok timbul dari laker/bearing yang aus. Cara memeriksa kondisi laker dimesin, pertama-tama lepas tali kipas/ fan belt, lalu nyalakan mesin. Jika tak ada bunyi ngorok saat mesin hidup, berarti laker/bearing yang terdapat didalam mesin masih bagus dan baik. Jika tali kipas dipasang kembali bunyi ngorok timbul, coba periksa komponen yang digerakkan tali kipas tersebut seperti pulley alternator, pulley kompressor AC, laker tensioner fan belt, water pump.
5. Bunyi kasar didalam mesin (seperti logam vs logam)
Bunyi kasar ini timbul dari metal jalan atau metal duduk dimesin habis, jadi metal yang berfungsi sebagai bantalan poros engkol habis, maka yang menjadi tumpuannya adalah blok mesin, jika ingin menghilangkan suara itu harus bongkar mesin dan mengslyp poros engkol dan mengganti semua bantalan yang ada didalam mesin. agar mesin kembali normal.