Cara Perbaiki Speedometer yang Rusak

Cara Perbaiki Speedometer yang Rusak 


 Semua orang sudah tahu apa fungsi speedometer, baik untuk motor atau mobil. Speedometer berfungsi sebagai alat ukur kecepatan. Alat ukur ini juga dapat menjadi patokan kecepatan ekonomis agar bensin tetap efisien.

Dapat dibayangkan, kalau speedometer ini rusak, maka beberapa hal mungkin saja terjadi. Misalnya, karena tidak ada indikator kecepatan, pengendara bisa saja menggeber gas habis-habisan sehingga bensin menjadi lebih boros.

Nah, bagi Anda yang terlanjur telah memiliki motor yang rusak speedometer-nya, jangan terburu-buru untuk memperbaikinya ke bengkel. Sebab, dengan sedikit peralatan, Anda dapat memperbaiki speedometer sendiri.

Berikut adalah 2 sebab utama speedometer motor rusak dan cara memperbaikinya:

Kabel speedometer rusak

Hal paling umum mengapa speedometer tidak berfungsi adalah kabel speedometer (KS) yang rusak karena rumah kabel kotor atau putus. Untuk mengetahu apakah bagian ini penyebab speedometer tidak berfungsi, Anda harus membuka dulu kedok lampu bagian depan kemudian lepas baut pengunci kabel speedometer.

Setelah itu, putarlah roda depan ke arah depan. Jika ujung KS berputar, maka KS tersebut baik-baik saja. Sebaliknya, jika kabel tersebut berputar tetapi tidak lancar, maka dapat dipastikan rumah kabelnya berdebu atau karatan. Untuk masalah ini, solusinya adalah menyemprotrak cairan penetran.

Jika ujung KS tidak berputar, dapat dipastikan bahwa KS tersebut putus. Jika ini masalahnya, maka tidak ada cara lain yang dapat dilakukan selain mengganti KS di bengkel.

Masalah pada gearbox

Masalah umum lain mengapa speedometer tidak berfungsi terletak pada gearbox. Untuk mengetahuinya, maka lepaskanlah KS bagian bawah menggunakan tang biasa. Kemudian, putar roda dan lihat apakah tuas gearbox yang tersambung pada KS berputar atau tidak.

Kalau tidak berputar, maka dapat dipastikan memang masalahnya ada pada bagian tersebut. Untuk memperbaikinya, Anda harus melepas dulu roda depan dan membuka kancing rumah gigi gear nanas menggunakan tang snap ring.

Jika terlihat kotor, maka bersihkanlah menggukana cairan antikarat. Jika sudah bersih, lumurilah gigi gear nanas dengan grease. Jangan lupa untuk memasangkannya kembali setelah semua proses ini dilakukan.