Cegah Pening Dengan Stiker Bening

Cegah Pening Dengan Stiker Bening


Pengemudi atau penumpang punya potensi merusak kernulusan cat mobilnya sendiri Tentu saja ini dilakukan mereka secara tidak sengaja. Tak percaya?

Coba lihat cekuungan dibalik hendel pintu. Pasti Anda akan menemukan baret-baret halus di sana. Ini terjadi karena bagian tersebut tergores kuku saat membuka pintu.

Sekarang lihat bagi bagian bawah pintu mobil dekat door sill. Luka-luka tersebut umumnya terjadi akibat tergores sepatu pengemudi atau penumpang saat masuk dan keluar mobil.

Lecet-lecet tersebut merupakan faktor internal, alias akibat kelalaian pengemudi atau penumpang. Kerusakan akibat faktor eksternal juga tak kalah banyak.

Cover spion luar bisa jadi contoh. Bagian ini kerap cedera akibat terkena pengendara sepeda motor yang ceroboh. Bisa juga karena menyerempet dinding garasi atau kendaraan lain.

Cermati pula bumper depan. Anda bisa meraba ada banyak bintik-bintik putih yang terasa kasar saat diusap tangan. Bintik-bintik ini adalah luka akibat terkena kerikil saat mobil melaju di jalan raya.

Foglamp juga sering menjadi korban lontaran kerikil. Sering ditemukan foglamp dengan lapisan lensanya tergores. Pada hal mobil masih tergolong baru.

Untuk mengobati bagian-bagian yang lecet ini bisa dengan mengecat ulang. Namun biayanya sangat mahal karena mesti digarap per panel atau melabur sekujur bodi. Solusi paling mudah dan murah adalah melindungi bagian-bagian rawan cedera ini dengan stiker. Sehingga bila terjadi insiden, yang luka adalah stiker bukan cat asli. Tentu saja yang digunakan adalah stiker transparan agar tidak mengubah warna mobil.

Ada beberapa merek stiker bening, seperti 3M dan Oracal. Harga per meter stiker bening ini antara Rp 60-80 ribu. Anda bisa mendapatkannya di toko stiker.

Pemasangannya perlu keterampilan tersendiri. Terutama saat menempelkan di bagian yang melengkung dan perlu bantuan pemanas khusus.

Cara paling mudah adalah menyerahkan pemasangannya ke tenaga profesional. Umumnya di sentra-sentra otomotif terdapat orang yang menawarkan jasa ini.

Untuk melapisi empat hendel pintu biaya yang dikeluarkan antara Rp 180-200 ribu.

TIPS PASANG STIKER

Teliti bahan dasar stiker sebelum menempelkannya di mobil. Lihat seberapa kuat daya ikatnya.

Bersihkan dulu bagian mobil yang akan ditempel stiker. Selain memudahkan pemasangan, juga agar daya rekatnya bekerja maksimal.

Basahi lebih dulu tempat menempel stiker dengan semprotan air. Bisa juga ditambahi sedikit sabun agar lebih mudah menggeser stiker saat menempelkannya.

Tempelkan stiker yang bagian belakangnya telah dibasahi, pelan-pelan dengan memegang sisa kertas pelindung. Lalu, tekan dengan penggaris busur (bisa juga manfaatkan kartu ATM atau sejenisnya) untuk membuang air dan gelembung udara yang terjebak.

Tunggu beberapa saat untuk memastikan stiker menempel dengan sempurna sebelum membersihkannya dengan lap kering.

TIPS MEMASANG STIKER DI FOGLAMP

Untuk stiker transparan di foglamp atau lampu depan metodenya mirip dengan menempelkan stiker di bodi cuma agar pemasangannya rapi, kedua bagian tersebut mesti dilepas dahulu.

plapisan bisa dimulai dari bagian depan dibantu semburan hawa panas heat gun. Aktifitas ini dibarengi dengan menarik stiker perlahan-lahan ke belakang. Lakukan hingga seluruh bagian lampu terbungkus rata.