Cuci Mesin Aman

Cuci Mesin Aman


Mesin tentu perlu dibersihkan. Cara paling mudah dan praktis adalah dengan mencucinya dengan air plus cairan pembersih. Dengan teknik ini debu, kotoran hingga lapisan lemak yang menempel bisa langsung minggir.

Beberapa tempat pencucian mobil pun memasukkan jasa ini dalam layanannya. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Jangan sampai niat membersihkan mobil malah membuat mesin kendaraan menjadi bermasalah.

Lindungi komponen vital
Mesin mobil modern umumnya memiliki sistem perlindungan terhadap air yang lebih baik ketimbang mobil lawas. Konektor-konektor listrik dibuat lebih kedap dan sistem injeksi bisa menangkis infiltrasi air.

Pabrikan melakukan hal itu karena begitu rumitnya kelistrikan di mobil modern saat ini. Pengaturan serba komputer ini memerlukan sistem yang lebih tahan terhadap air agar terhindar dari terjadinya hubungan pendek.

Namun sil pada sambungan kelistrikan tentu memiliki usia pakai. Tak ada salahnya melindungi komponen vital di mesin. Komponen yang mesti dilindungi antara lain lubang intake, soket kelistrikan, sensor, koil, dan lainnya. Oh ya, jangan lupa cabut kunci mobil untuk memastikan aliran listrik di mobil mati.

Gunakan cairan pembersih mesin
Setelah pembungkusan dilakukan, proses mencuci bisa dimulai. Yang perlu diingat, jangan menyemprotkan air bertekanan tinggi ke mesin. Hal ini bisa merusak perlindungan yang sudah dibuat dan air bertekanan tinggi tersebut bisa merembes masuk ke celah-celah komponen kelistrikan.

Gunakan pembersih mesin (engine degreaser), lalu bilas dengan lap basah. Jangan mengguyur air langsung ke mesin. Dan sebaiknya, pastikan mesin dalam kondisi dingin sebelum proses mencuci dilakukan.

Gunakan deterjen dan air

Bila engine degreaser tidak tersedia, Anda dapat menggunakan deterjen yang dicampur dengan air untuk mengangkat kotoran berminyak seperti oli dan lainnya.

Lalu, gunakan sikat nylon atau kuas untuk mengusir kotoran-kotoran yang menempel di bagian mesin berbahan metal.

Lakukan proses ini bagian perbagian. Maksudnya, jangan sampai deterjen dan air mengering sehingga dapat menimbulkkan kerak yang sulit dihilangkan.

Pengeringan
   
Proses pengeringan mesin dapat menggunakan lap yang memiliki daya serap tinggi seperti chamois. Lap berbahan kain juga bisa digunakan untuk mengusir air yang menempel di mesin. Jangan lupa keringkan pula bagian yang tadi ditutup dengan plastik. Setelah semua kering baru Anda bisa menghidupkan mobil.