Cuci Mobil Hemat Air

Cuci Mobil Hemat Air



Keberadaaan air berrsih menjadi salah satu hal penting yang diperhitungkan dalam kelangsungan bumi tercinta ini. Padahal saat mencuci mobil digunakan air yang berlimpah. Kedua hal itu sangat bertentangan.

Adakah solusinya? Produsen car care berlomba membuat produk -produk yang eco-friendly. Termasuk untuk menghemat air saat mencuci mobil.

Contohnya Creamy Shampoo keluaran Soft99.Penghematan air yang dilakukan relatif banyak. Penyemprotan air hanya perlu dilakukan untuk merontokkan pasir atau tanah dari bodi. Sehingga tidak menimbulkan baret ketika proses penyekaan.

Cairan sampo dituangkan pada spons yang basah, lalu dibasuhkan ke seluruh bodi. Setelah itu, busa sampo dibilas air secukupnya tanpa perlu airdiseka dengan lap. Pembilasan bisa menggunakan nosel penyemprot air yang diatur merata.

Proses pengeringan bisa menggunakan chamois dan dilanjutkan dengan lap microfiber. Selain menghemat air, produk pembersih seperti ini mempercepat proses mencuci mobil.
 
Cukup Seember Air
Prinsip eco-wash dapat diterapkan sehari-hari. Modalnya adalah air satu ember, penyemprot air, chamois, kain mikrofiber, dan sampo bila perlu.

Lakukan pembersihan panel demi panel. Bersihkan debu di permukaan bodi dengan kain mikrofiber. Isi air ke penyemprot, atur posisi nosel agar menyembur rata, dan semprotkan dari atas ke bawah secukupnya.

Lulurkan sampo pada chamois dan seka ke panel bodi. Keringkan chamois. Setelah itu sambil menyemprotkan air, seka sampo dari permukaan bodi menggunakan chamois sampai benar-benar bersih. Terakhir, keringkan bodi dengan kain mikrofiber.

Hal ini dapat dilakukan sehari-hari untuk bodi mobil yang tidak terlalu kotor.