Daihatsu Berencana Pasarkan Copen Tahun Depan, Harganya 200 jutaan?

Daihatsu Berencana Pasarkan Copen Tahun Depan, Harganya 200 jutaan?



Seperti yang sudah kita ketahui, Daihatsu berencanan akan memamerkan dua unit Copen concept terbaru di IIMS 2014 bulan ini. Tersiar kabar bahwa Copen akan mulai dijual di Indonesia mulai tahun depan.

Sebagai model kupe dengan konfigurasi 2-seater, Daihatsu Copen terlihat cukup unik dan atraktif dalam hal desainnya. Bahkan panel bodinya bisa dibongkar pasang sesuka hati layaknya casing ponsel.

Meski demikian, roadseter ini hanya dibekali mesin berkubikasi kecil, tak lebih dari 1,000cc atau 1.0-liter. Daihatsu menawarkan Copen dengan mesin tiga-silinder berkapsitas 660cc, mirip seperti Honda S660.

Tapi justru mesin kecil ini dijejali turbo intercooler, serta ditawarkan dalam dua pilihan transmisi yang meliputi manual 5-speed dan CVT dengan fitur steering-wheel mounted paddle shifters. Output tenaganya diklaim mencapai 63 HP (47 kW) dan torsi maksimum sebesar 92 Nm.

”Kami akan memfasilitasi orang-orang Indonesia yang ingin merasakan naik kupe. Kami sadar, tidak banyak yang menginginkan mobil berpenumpang dua orang. Tapi kami ingin menjadi sahabat dan menyediakan untuk yang memesan”, ujar Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra.


Daihatsu tidak akan melakukan prosesi peluncuran resmi saat Copen mulai dilepas di Indonesia tahun depan. Lantaran roadster ini hanya ditargetkan ke orang-orang tertentu, seperti penghobi mobil unik misalnya. Selain itu, target penjualannya tidak sebesar produk Daihatsu lainnya.

Di negeri asalnya Jepang, Daihatsu Copen dijual dengan harga yang cukup tinggi yakni 1,8 juta Yen atau sekitar Rp 200 juta untuk varian CVT. Maka dari itu, konsumen Indonesia mana yang mau beli mobil ini kalau bukan orang-orang nyeleneh?? hehe

”Harganya relatif tinggi. Tapi kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman”, jelas mbak Amelia.