Dirawat Agar Tetap Ciamik

Dirawat Agar Tetap Ciamik


Berbagai kotoran mudah menempel di permukaan pelek. Bila tak segera dibersihkan, bukan tak mungkin kotoran yang menempel berpotensi merusak pelek. Kini, bermacam produk pembersih dan pelindung pelek (wheel cleaner) banyak beredar di pasar. Contohnya Jet Foam racikan Soft99.

Saat akan mencuci pelek, Anda harus memperhatikan bahan dasar pelek. Ada yang terbuat dari pelat besi, logam campuran (alloy), krom, titanium, magnesium, bahkan berlapis powder coating atau anodazing. Pastikan jangan sampai salah aplikasi.

Perawatan rutin pelek dilakukan minimal seminggu sekali agar kotoran relatif mudah dibersihkan. Dengan perawatan teratur dan obat yang tepat, pelek pun akan tampil mengesankan. Ada beberapa hal yang perlu dicermati:

Jika ragu dengan kekuatan bahan pelek, Anda bisa mencobanya dulu di area pelek yang tersembunyi. Sehingga bila ada masalah, penggunaan bisa dihentikan.
Cairan pembersih model semprot praktis saat digunakan. Semprotkan secara merata ke seluruh bagian pelek.
Bersihkan sela-sela pelek dan lubang baut dengan sikat khusus pelek (wheel brush). Untuk Jet Foam, sudah tersedia dalam kemasannya.
Tunggu beberapa saat agar kotoran dapat larut dalam cairan.
Bilas dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran yang tersisa. Keringkan dengan kain mikrofiber untuk menuntaskannya. Selesai, dan pelek pun berkilau kembali.

 Pelek krom

Pelek ini mudah rontok lapisannya jika terkena bahan yang abrasif. Gunakan pembersih khusus krom. Jangan gunakan sikat saat membersihkan. Cukup seka dengan kain mikrofiber.
Bagaimana dengan ban?

Anda bisa membersihkan permukaan dan telapak ban dengan sikat halus. Sampo mobil bisa ditugasi untuk mempermudah proses. Untuk memberi perlindungan, gunakan conditioner khusus ban.