Ferrari FXX-K, Supercar Hybrid Pertama dari Ferrari

Ferrari FXX-K, Supercar Hybrid Pertama dari Ferrari


Produsen mobil balap besutan Enzo Ferrari kembali membuat gebrakan baru. Sebagai produsen khas Maranello, Ferrari akan memulai produknya dengan debut di sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi.

Ferrari FXX-K, yah itulah nama mobil yang disebut-sebut sebagai mobil Hybrid pertama Ferrari. Berawal dari “permainan” laboratorium oleh para teknisi Ferrari, mobil hybrid ini memiliki nama yang khas sebagai simbol teknologi yang digunakan.

Inisial “K” pada mobil anyar tersebut mengacu pada “KERS,” sebuah teknologi recovery energi kinetik yang digunakan untuk meningkatkan performa mobil ketika meluncur di trek balapan.

Mobil dengan teknologi KERS ini direncanakan tidak dibatasi oleh aturan dalam balapan formula 1, tapi murni sebagai penggabungan inovasi teknologi yang mengakomodir gairah berkendara para pembalap.

Berbicara soal kecepatan, Ferrari FXX-K menggunakan daya luar biasa besar, yaitu 1050 PS, yang bersumber 860 PS dari mesin 6.2 liter V12 konvensional dan 190 PS sisanya dari motor listrik. Bahkan torsi maksimumnya mencapai 900 Nm. Sebuah angka yang luar biasa untuk sebuah mobil balap secara umum.