Gerah Dengan Acura NSX, Toyota Bakal Pamerkan Konsep Supra di Detroit

Gerah Dengan Acura NSX, Toyota Bakal Pamerkan Konsep Supra di Detroit




#rentalmobilnabil #rentalmobil #mobil Diam-diam Toyota mulai panas melihat geliat Honda di pasar AS yang akan memasarkan next-gen Acura NSX pada 2015 mendatang. Nah, Supra akan menjadi salah satu jalan bagi mereka untuk menghadang laju sang rival tersebut, setelah tidur panjang selama bertahun-tahun.

Menurut report Autoblog, sebelum masuk ke lini produksi, konsep Toyota Supra 2015 akan dipamerkan terlebih dulu di Detroit Motor Show pada bulan Januari mendatang. Informasi ini mereka dapatkan di Tokyo Motor Show setelah salah satu jurnalis Autoblog dapat bocoran dari petinggi Toyota.

Awalnya konsep Toyota FT-HS digadang-gadang bakal menjadi suksesor Supra pada tahun 2007 silam, tapi rencananya gagal total akibat krisis global yang melanda penduduk dunia (begitulah dunia itu panggung sandi wara :D). Nah Toyota akhirnya mau tidak mau harus menyimpan rencana itu sampai sekarang dan menunggu tingkat perekonomian pulih.

Dibekali mesin hybrid bertenaga lebih dari 400 HP, next-gen Supra siap diturunkan untuk bermain di segmen hybrid sports car (mobil sport bersistem hybrid) di pasar AS, sekaligus untuk membuat Acura NSX babak belur. Bocoran detil mesinnya tak mungkin dibeberkan Toyota ke publik, Autoblog saja belum tahu.
Toyota FT-HS Concept - Detroit Motor Show 2007Toyota FT-HS Concept – Detroit Motor Show 2007

Sedangkan NSX dibekali powertrain hybrid dengan layout mid-engine dan sistem SH-AWD (Sports Hybrid All-Wheel Drive). Sistem hybrid tersebut terdiri dari mesin 3.7-liter V6 DOHC dikaitkan dengan tiga buah motor listrik, dua motor ditaruh di bagian depan dan satunya lagi dipasang di belakang.

Maksimum outputnya diklaim mencapai 480 HP, itu didapat dari mesin V6 3.7L dan tiga motor listrik. Lantas sistem hybrid NSX tersebut join dengan transmisi otomatis 7-speed dual-clutch. Akselerasi 0-60 mph (0-100 km/jam) hanya perlu waktu 3,0 detik. Acura NSX Concpet kini juga sudah bisa dinikmati di game Gran Turismo 6. Dijamin klenger beli mobil sport ini karena estimasi harganya saja diperkirakan dikisaran $130,000 atau sekitar Rp 1,5 milyar lebih. :D

Toyota pertama kali memproduksi Supra pada tahun 1978, lantas dihentikan produksinya pada 2002 silam. Setelah itu, sports car legendaris tersebut mati suri sampai sekarang. Dan Toyota sendiri malah lebih tertarik membangkitkan sang legendaris AE86 yang kini muncul dalam wujud Toyota GT86, Scion FR-S dan Subaru BRZ.