Harum BBM diesel Mobil yang Mengganggu

Harum BBM diesel Mobil yang Mengganggu




#rentalmobilnabil Bagi Anda pemilik mobil diesel modern, cobalah nyalakan mobil di pagi hari dan cium aroma yang keluar dari knalpot mobil. Tapi jangan hirup terlalu banyak, tentu. Harum bukan? Atau saat mengisi BBM di SPBU. Pasti Anda bisa dengan mudah mencium bau khas BBM diesel.

Harum bagi sebagian orang, tapi tidak untuk sebagian lainnya yang tidak kuat. Aroma yang tercium bisa menstimulus rasa pusing di kepala. Mungkinkah Anda seharian mengemudi mobil yang baunya menimbulkan masalah?

Namanya juga aroma, tentu partikelnya sangat halus. Ia dapat dengan mudah menyusup ke dalam kabin. “Cobalah menambah lapisan peredam terutama di firewall depan atau belakang di atas tangki BBM sebagai lokasi utama timbulnya bau. Pastikan juga karet-karet pintu dalam kondisi baik sehingga sanggup menahan bau yang masuk,” urai Siangi Widjaja dari Car Care Center (C3).

Satu cara sederhana lainnya adalah dengan memilih SPBU tempat mengisi BBM. Walau sudah jarang, masih sering dijumpai SPBU yang lantainya kotor. Di dalam lapisan atau kotoran yang menempel di ban, terdapat sisa bahan bakar. Termasuk saat terinjak alas kaki, otomatis terbawa ke kabin.

Untuk mengatasi dari alas kaki, alasi lantai mobil dengan karpet karet sehingga bisa dibersihkan saat tercium bau BBM diesel. Mencucinya pun mudah. Cukup gunakan sabun colek sebagai pembersih. Kalaupun sampai terpaksa mengisi di SPBU yang kotor lantainya, bisa dipakai kertas koran sebagai alas darurat.

Biasakan pula untuk tidak membuka pintu terlalu lama ketika mengisi BBM. Bau khas bahan bakar yang masuk ke kabin bisa bertahan lama dan mengganggu bagi Anda yang tidak kuat.

Saat Bau Tak Kunjung Hilang
Pertama yang harus diperiksa tentu sistem peredam dan karet-karet penyekat. Jika tidak ada masalah dan bau tak kunjung hilang, biasanya ada noda BBM yang menetap di kabin.

Inspeksi bagian bawah dulu, terutama yang sering terinjak alas kaki. Kalau tercium jejak bau solar, segera bersihkan. Gunakan cairan interior cleaner untuk meringankan tugas. Perhatikan pula area lain yang kerap kontak dengan tubuh. Seperti kemudi, tuas transmisi, bangku, dan panel pintu.

Bagaimana kalau bau solar masih saja bertahan di kabin? Anda bisa menggunakan Kabin Steril. Prinsip kerjanya adalah dengan menciptakan ozon dan ion negatif yang diembuskan ke kabin. Tidak ada bahan kimia terlibat.

Kandungan ozon dan ion negatif diyakini mampu menghilangkan segala jenis bau dan bakteri. Bahkan diklaim sanggup menghilangkan aroma khas mobil yang baru keluar dari showroom. Aroma kabin pun menjadi netral.

Namun, harga perangkat ini termasuk mahal, sekitar Rp 15 juta. Anda bisa menyambangi C3 Sudirman, Jaksel jika ingin menggunakan jasanya. Sediakan biaya Rp 80-120 ribu, tergantung luas kabin mobil.

Menyamarkan Bau
Apapun caranya, kami yakin bau tersebut memiliki kans untuk masuk ke kabin. Anda bisa menyamarkan baunya dengan menggunakan bahan karbon aktif alias arang. Beberapa toko aksesori menjualnya. Dalam kondisi darurat bisa digunakan bubuk kopi. Aroma khas kopi sanggup menyembunyikan bau khas BBM diesel.

Boleh juga dengan parfum kabin. Namun perhatikan jenis kemasan parfum yang Anda pilih.Dalam beberapa kasus, lelehan cairan parfum dapat merusak dasbor atau permukaan lain. Selain merusak penampilan kabin, tentu kurang baik untuk kesehatan lantaran Anda menghirup langsung.

Bisa pula menggunakan Kabin Filter. Produknya berupa filter yang diberi air di dalamnya. Ia mengisap udara di dalam kabin dengan menggunakan air sebagai media penyaring. Makanya, air akan kotor setelah sekian lama digunakan. Cukup diletakkan di cup holder dan menggunakan colokan lighter 12 V sebagai dayanya.

Anda bisa mencampurkan wewangian seperti aroma terapi ke dalam air. Selain segar, jadi terasa lebih rileks di jalan.

Jelaga di Bumper
Mesin diesel menghasilkan jelaga sebagai sisa pembakaran. Lambat laun kotoran yang keluar dari knalpot itu akan menempel di bumper belakang. Jangan didiamkan terlalu lama karena akan sulit dibersihkan. Periksa setelah mencuci mobil. Kalau ada segera bersihkan.
.
Gunakan cairan bug & tar removal atau exterior cleaner yang banyak terdapat di pasar. Aplikasinya pun mudah. Cukup semprot cairan pembersih dan seka dengan lap kering. Sembari itu, periksa pula area bumper dan sepatbor dari kotoran lain seperti aspal.