Ini Resep Nyaman Liburan Pakai Mobil 4x4

Ini Resep Nyaman Liburan Pakai Mobil 4x4



#rentalmobilnabil Memasuki musim liburan, sebagian dari Anda pasti telah merencanakan perjalanan bersama keluarga.

Nah, bagi Anda yang memutuskan memboyong keluarga menggunakan mobil berpenggerak 4x4 untuk melakoni jalanan yang sedikit ekstrem, ada baiknya melakukan persiapan terlebih dahulu.

Setidaknya, ada beberapa hal yang perlud dipersiapkan agar kendaraan 4x4 Anda dalam kondisi prima. Layaknya mobil jenis city car atau MPV, mobil berfitur 4x4 pun butuh persiapan teliti.

Menurut salah satu anggota dari komunitas 4x4 SOCA Solidarity, Andi Suhasjie, perawatan mobil berkarakter off-road sebenarnya sama seperti mobil pada umumnya.

Umumnya, sebelum melakukan perjalanan, Anda diwajibkan  mengecek baut-baut pada roda, tekanan angin ban, rem, dan air radiator dalam kondisi baik.

Selain melakukan pengecekan pada mesin, pendingin dan komponen vital lainnya,  Andi menggarisbawahi perlunya membawa perlengkapan cadangan, seperti baut-baut, minyak rem, gemuk, juga oli.

"Pastikan rem berfungsi dengan baik dan radiator tidak bocor. Bahayanya, jika tidak dalam kondisi prima, bisa terjadi overheat pada mesin. Demikian juga sistem kelistrikannya," imbuhnya.

"Jangan lupa untuk turut mengecek joint kopel dan sabuk pengaman, apakah telah terpasang dengan baik. Lampu-lampu juga butuh perhatian. Kotak P3K juga mutlak dibawa, sebagai pertolongan pertama andai terjadi insiden yang tidak diinginkan di jalan," tutup pria yang karib disapa Om Andi tersebut.