Jangan sampai Terlewat Merawat Mobil pada bagian ini

Jangan sampai Terlewat Merawat Mobil pada bagian ini


#rentalmobilnabil  Material karet dan plastik yang digunakan pada interior mobil bia­sanya se­ring terlewat saat melakukan perawatan. Perawatan mobil terkadang fokus di bagian bodi saja. Padahal kondisi karet dan plastik yang bersih dapat me­nunjang penampilan mobil Anda.

Dengan melakukan perawatan secara rutin, dapat memperpanjang usia komponen tersebut serta menjaga karet tidak cepat getas. Sedangkan fungsi perawatan komponen plastik pada interior dapat menunjang penampilan mobil Anda.

Komponen plastik mencakup bagian panel pintu, dasbor, konsol, co­ver bening panel instrumen, cover pilar, konsol tengah, konsol boks, dan cover door sil. Cara perawatannya pun cukup mudah dan Anda bisa lakukan sendiri di rumah.

Peeralatan yang harus disiapkan adalah alat-alat kerja seperti kuas dan sikat halus, sikat nylon, microfiber, dan wadah kecil. Lebih baik jika Anda melengkapi dengan cairan pembersih khusus karet dan plastik.

Trim Karet

Karena letaknya tersembunyi seperti di bagian pintu dan kaca samping, trim karet sering terabaikan. Padahal fungsinya cukup vital yaitu untuk mencegah air masuk ke kabin, mera­patkan pintu serta kaca dan meredam suara dari luar.

Untuk perawatan trim karet ini, Anda dapat meng gunakan sampo cuci mobil. Tuangkan ke dalam wadah atau ember dan dicampur air secukupnya. Setelah itu, bersihkan menggunakan sikat nylon ke seluruh bagian permukaan karet. Untuk celah karet atau bagian yang sulit terjangkau, Anda bisa menggunakan kuas.

Setelah seluruh trim karet dibersihkan, keringkan menggunakan kain microfiber. Hindari menggunakan detergen yang membuat warna karet jadi kusam. Hindari pula cairan pembersih yang mengan­dung silikon, karena cairan itu dapat membuat karet jadi lekas getas atau retak.

Komponen Plastik

“Agar mendapat hasil sempurna perawatan plastik pada interior mobil terdapat dua tahap. Pertama Anda dapat menggunakan pembersih seperti vinyl and leather cleaner produk Auto Magic dan universal dressing,” ungkap Aretho WS, Operation Development Manager C3.

Caranya menyemprotkan cairan pembersih itu ke permukaan plastik, lalu bersihkan menggunakan sikat halus ke seluruh bagian plastik. Sedang­kan bagian yang sulit terjangkau gunakan kuas.

Setelah itu, bersihkan menggunakan kain microfiber. Cairan tersebut juga aman bagi material interior berbahan kulit dan tidak meninggalkan noda.

Berikutnya adalah menggunakan universal dressing untuk melapisi bagian plastik untuk melindungi. Caranya, mengoleskannya ke kain microfiber dan seka pada permukaan plastik yang sudah dibersihkan menggunakan vinyl and leather cleaner.

Hindari menggunakan detergen karena dapat menimbulkan noda sabun pada media plastik.

Musuh Plastik dan Solusi

Musuh plastik yang utama adalah air yang menempel dan dibiarkan lama. Air tersebut dapat meninggalkan noda dan flek berwarna putih. Solusinya, beberapa produk pembersih plastik dapat digunakan. Contohnya Auto Magic Special Cleaner yang dapat menghilangkan noda air, minyak, makanan, tinta, darah dan lainnya.

Cara kerjanya hampir sama seperti menggunakan vinyl and leather cleaner. Tapi penggunaan special cleaner ini harus dilakukan dengan tenaga profesional atau salon mobil agar hasilnya maksimal.

Sebagai gambaran aplikasinya, oleskan special cleaner ke bagian noda yang membandel. Lalu gosok menggunakan sikat atau kain microfiber dengan tekanan beberapa kali hingga noda hilang