Menjaga Investasi

Menjaga Investasi


Memiliki mobil baru selalu menjadi saat menyenangkan. Tapi saking senang dan bangganya, terkadang kita langsung saja menggunakan mobil. Padahal sebaiknya ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan sebelum menggunakannya.

Seperti kita ketahui, mobil memang bukanlah investasi yang baik seperti properti. Seiring usia pakai, harganya akan mengalami penurunan. Tapi jika Anda melakukan hal-hal di bawah ini, setidaknya nilai jual kembali mobil Anda bisa lebih bertahan. Selain itu mobil juga menjadi lebih nyaman dinaiki.

KACA FILM

Saat ini hampir seluruh dealer memberi fasilitas kaca film secara gratis. Anda tinggal pilih tingkat kegelapannya dan mereka akan memasangkan di mobil sebelum pengiriman. Namun jangan hanya tergiur gratisnya. Anda mesti pastikan dealer menggunakan kaca film berkualitas dan memiliki penjual yang bisa menjaminnya.

Kaca film memiliki usia pakai terbatas. Semakin rendah kualitasnya, semakin cepat pula usia pakainya. Dan kaca film kadaluwarsa akan mengganggu visibilitas sehingga perlu diganti. Dan saat mengganti biasanya elemen pemanas di kaca belakang ikut terkelupas.

Oleh karena itu bila dealer menawarkan kaca film ‘generik’ sebaiknya jangan diambil. Pasanglah kaca film berkualitas setelah mobil Anda pegang. Kami juga sarankan memasangnya di dealer resmi merek kaca film bersangkutan. Dengan demikian pemasangannya akan sesuai standar dan Anda akan diberi garansi akan kualitasnya.

POLES CAT

Walaupun cat mobil baru sudah dipoles dari pabriknya, bukan berarti Anda bisa puas. Ketika dipakai dan terkena terik matahari cat bisa menjadi pudar dan tak seperti aslinya.

Beruntunglah saat ini sudah ada beberapa car care station yang menyediakan jasa poles mobil baru. Bukannya untuk mengilapkan cat belaka, poles cat mobil baru ini memiliki lapisan pelindung khusus. Cat mobil Anda pun akan cemerlang dalam waktu lebih lama. Treatment ini dibutuhkan utamanya pada mobil dengan warna cerah.

 STIKER BENING

Jalan raya adalah lingkungan yang sebetulnya tidak bersahabat bagi eksterior mobil. Percikan kerikil yang bertebaran dengan mudah menggores cat mobil atau kaca lampu depan. Kalau sudah begini, mengecat ulang jadi satu-satunya cara untuk memperbaikinya.

Nah, untuk mencegah hal ini terjadi ada baiknya Anda menempelkan stiker pada bagianbagian rawan. Misalnya lampu depan, bumper serta kap mesin. Bagi mobil dengan gril dicat, ini juga merupakan bagian rawan gores.

Tentu saja bukan stiker berwarna yang digunakan namun stiker bening. Kebetulan saat ini banyak merek stiker berkualitas yang menyediakan stiker bening. “Penempelan stiker ini juga cukup cepat, tak sampai setengah hari,” ucap Alexander Gunawan dari Azhvra Design, yang sering memasang stiker bening.

Bila seluruh bagian rawan ditutupi, maka biayanya berkisar Rp 1-1,5 juta termasuk pemasangan. Nantinya bila dilepas, stiker ini tak akan merusak cat asli mobil. Tapi untuk pelepasannya, sebaiknya dilakukan oleh ahlinya.

 ANTIKARAT

Memang benar, sejak baru mobil sudah diberi antikarat oleh pabriknya. Namun bagian-bagian yang diberikan tidak sama antar-jenis mobil. Untuk mobil-mobil berharga murah, ada beberapa bagian yang tidak diberi anti-karat.

Karena karat adalah jenis kerusakan yang bisa benar-benar menghancurkan nilai jual mobil Anda, sebaiknya lajukan mobil Anda ke dealer antikarat terpercaya.

Lihatlah bagian-bagian mana yang belum mendapatkan zat antikarat, dan tambahkan segera. Untuk bagian yang sudah dilapisi oleh ATPM-nya, lihat apakah sudah memadai. Lantas mintalah garansi anti-karat dari merek bersangkutan. Biasanya berkisar 8-10 tahun.

KARPET

Karpet berfungsi memberi kenyamanan serta untuk antisipasi dari kotoran di kabin. Gunakan karpet yang cukup lembut di kaki, baik dipandang serta tidak menyerap air. Bila menyerap air akan cenderung membuat kabin lembab dan menyuburkan jamur.

TEMPAT SAMPAH

Dalam kondisi standar tak ada mobil yang dilengkapi tempat sampah. Padahal sampah terus diproduksi, apalagi bila mobil sering digunakan bersama anggota keluarga. Belum lagi dalam perjalanan jauh, produksi sampah akan meningkat. Bila tidak ada tempat pembuangan yang memadai, sampah bisa mengotori mobil dan mengundang penyakit serta serangga.

Gunakan tempat sampah berukuran ringkas dengan penutup. Pilih tempat sampah yang bisa diletakkan secara aman dan tidak mudah bergesar. Jangan lupa juga untuk membersihkannya setiap hari.

BAU KABIN

Bagi beberapa orang, bau mobil baru sangat nikmat dihirup. Tapi ada juga beberapa mobil yang memiliki bau kurang sedap saat baru. Cara paling baik untuk menghilangkannya adalah dengan menggunakan penyerap aroma kabin. Membuka jendela saat melaju di jalan sepi juga bisa membantu.

Penggunaan parfum harus diperhatikan betul. Kadang bila bercampur dengan bau kabin, aroma yang dihasilkan justru makin parah. Dan ada beberapa parfum yang di mobil tertentu meninggalkan bekas bau tak sedap di AC. Untuk itu ketika ditemui gejala negatif seperti tadi, segera ganti parfum dengan jenis atau aroma lain.