Mobil Bersejarah “The Rain Man”, Toleman TG183B Akan Dijual

Mobil Bersejarah “The Rain Man”, Toleman TG183B Akan Dijual


Masih ingat dengan The Rain Man? Julukan melekat pada pria kelahiran Sao Paulo, Brasil, 21 Maret 1960. Siapa lagi kalau bukan Ayrton Senna. Senna adalah pebalap dengan spesialis sirkuit basah. Terbukti, GP Monaco 1984, dia berhasil finish pada peringkat kedua dengan mengendarai mobil yang kurang mumpuni.

Nah, mobil yang dianggap kurang mumpuni kala itu rencananya akan dijual. Banyak yang menyebut, kalau mobil tersebut juga merupakan mobil pertama yang digunakan oleh Ayrton Senna Toleman.

Toleman TG183B, demikian nama mobil legendaris F1 Senna, yang meninggal akibat kecelakaan hebat di tikungan Tamburello. TG183B adalah mobil Senna saat pertama kali balapan GP Formula 1 di Afrika Selatan pada 1984. Hingga 1990 mobil tersebut masih dipertahankan oleh tim Senna, sebelum dijual di AS.

Menurut kabar, Toleman TG183B kini berada di Inggris dan masih dalam kondisi masih asli. Rencananya, mobil bersejarah tersebut akan disiapkan untuk dijual di Inggris.

Betapa tidak, mobil Toleman TG183B ditinggalkan setelah beberapa tahun dikendarai dan Senna pindah ke tim Lotus-Renault pada 1985. Setelah itu, mobil tersebut kemudian dikirim ke Amerika Serikat. Selanjutnya pada 1990, TG183B diperbaiki kembali untuk dibawa ke Inggris dan dimiliki oleh Cars International.