Mobil Paling Irit di Tanah Air

Mobil Paling Irit di Tanah Air

Mobil Paling Irit di Tanah Air



Mobil Paling Irit di Tanah Air - Bagi konsumen atau pembeli pribadi, efisiensi bahan bakar menjadi salah satu pertimbangan paling utama sebelum memboyong roda empat baru. Hal ini menjadi lumrah, pasalnya dengan skala kebutuhan tertentu, pertimbangan konsumsi bahan bakar dan daya angkut menjadi mutlak. Jika tidak, mobil yang sedianya dibeli untuk solusi mobilitas justru berbalik membebani pengeluaran.

Di pasar dalam negeri sendiri, produsen menawarkan berbagai jenis kendaraan. Mulai dari fungsionalitas hingga tampilan, konsumsi BBM yang relatif lebih irit. Berdasarkan keterangan yang diterima dari Carmudi, berikut 10 kendaraan yang dinilai ekonomoi dan irit bensin.

1. Toyota Prius
Walau berbanderol mahal hingga 600 jutaan, mobil berjenis hibrida ini sukses dinobatkan Carmudi sebagai kendaraan yang paling irit. Roda empat pabrikan Toyota ini nyatanya bisa berjalan sejauh 420 km dengan biaya bahan bakar premium sebesar Rp 200 ribu.

2. Suzuki Splash
Di posisi kedua ada city car keluaran Suzuki, yakni Splash yang mampu berjalan sejauh 360 km dengan menghabiskan biaya bahan bakar sebesar Rp 200 ribu.

3. Isuzu Panther
Pabrikan yang punya jargon 'rajanya diesel' ini memiliki sebuah mobil berfitur tujuh kursi penumpang yang tak hanya unggul dalam hal fungsionalitas. Terbukti Panther memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang bisa diandalkan. Hanya mengeluarkan dana bahan bakar sebesar Rp 200 ribu, mobil ini bisa berjalan sejauh 340 km.

4. Nissan March
Mobil yang cukup banyak beredar di jalanan ini ternyata memiliki kemampuan dalam hal konsumsi bensin. Terbukti city car dari Nissan ini hanya menghabiskan anggaran sebesar Rp 200 ribu untuk menempuh jarak 330 km.

5. Honda Mobilio
Produk PT Honda Prospect Motor (HPM) yang masuk di kelas low-multi purpose vehicle (LMPV) ini memang cukup laris. Terbukti, dari sekian mobil yang djual HPM. Mobilio menduduki angka penjualan tertinggi.

Bukan hanya fitur tujuh penumpangnya yang jadi idola konsumen, pesaing Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia ini punya kemampuan irit bensin, yang hanya menghabiskan biaya bahan bakar sebesar Rp 200 ribu untuk jarak tempuh 320 km.

6. Mazda CX 5
Dari posisi satu hingga lima telah didominasi oleh kendaraan berjenis MPV ataupun city car. Namun di urutan kelima terdapat crossover Mazda CX-5 yang masuk dalam mobil irit bensin. Crossover gen Jepang ini nyatanya mampu menempuh jarak 310 km dengan mengisi bensin senilai Rp 200 ribu.

7. Lexus 460 H
Satu lagi mobil hibrida papan atas yang masuk ke dalam daftar kendaraan dengan konsumsi bahan bakar rendah. Mobil mewah yang berada di dalam grup naungan Toyota ini nyatanya mampu berjalan sejauh 300 km dengan menghabiskan bahan bakar senilai Rp 200 ribu.

8. Kia Picanto
Mobil city car berkapasitas empat orang penumpang asal Korea Selatan ini bisa berjalan sejauh 300 km dengan menghabiskan bahan bakar senilai Rp 200 ribu.

9. Toyota Avanza
Mobil sejuta umat satu ini memang telah terbukti efisiensinya. Tercatat, Avanza bisa menempuh jarak 300 km ini hanya memerlukan biaya bahan bakar Rp 200 ribu.

10. Toyota Camry
Sedan mewah Camry tak luput menjadi mobil yang dikategorikan ramah terhadap konsumsi bahan bakar. Untuk model hibridanya, mobil pabrikan Toyota ini hanya menegak bensin dengan anggaran Rp 200 ribu untuk menempuh jarak 300 km.

Tentunya, peringkat tingkat konsumsi bahan bakar ini tidak bisa dijadikan sebagai patokan utama dan satu-satunya. Pasalnya, tingkat konsumsi bensin sangat tergantung dari cara pemilik kendaraan berkendara, beban mobil, kondisi lalu lintas serta kondisi jalan yang dilalui.