New Nissan March 1.5L Diluncurkan, Dibanderol Seharga 181 Juta

New Nissan March 1.5L Diluncurkan, Dibanderol Seharga 181 Juta



#rentalmobilnabil #rentalmobil #mobil Nissan Motor Indonesia (NMI) secara resmi akhirnya meluncurkan New Nissan March 2014 untuk pasar Indonesia. Kini Nissan menawarkan dua pilihan mesin untuk city car tersebut, termasuk mesin baru 1.5-liter berkode HR15DE dan mesin bensin versi lama 1.2-liter HR12DE.

Soal harganya, model entry-level Nissan March alias yang paling murah dibanderol seharga Rp 148,8 juta untuk versi manual dengan mesin 1.2-liter, sedangkan versi otomatisnya dipasarkan seharga Rp 159,9 juta. New March XS dengan mesin 1.2-liter dan transmisi otomatis diluncurkan dengan banderol harga Rp 169,9 juta.

Adapun untuk varian 1.5L, Nissan Motor Indonesia bakal memasarkan New March 2014 seharga Rp 181 juta untuk versi manual dan harganya melonjak menjadi Rp 191 juta jika anda menginginkan transmisi otomatis. Ya disesuaikan kantong masing-masing lah dan tetap harus kembali berpegang pada UUD 2013, bukan undang-undang dasar tapi ujung-ujungnya duit. :D

Untuk urusan spesifikasi mesinnya, New Nissan March kini dibekali mesin baru 1.5-liter HR15DE yang sanggup melontarkan maksimum tenaga hingga 102 HP pada 6,000 rpm dan torsi puncak mencapai 106 Nm pada 4,400 rpm (104 Nm untuk versi transmisi otomatis). Jika anda masih cinta mesin 1.2-liter, monggo bro masih ada. Nissan tetap menawarkan mesin bensin 1.2-liter HR12DE dengan output maksimum mencapai 76 HP pada 6,000 rpm dan torsi sebesar 104 Nm pada 4,000 rpm.


Sayang bin sayang, NMI belum membawa mesin paling anyar dari varian Nissan March aka Micra untuk pasar Eropa. Hatchback ini di pasar Eropa juga ditawarkan dengan mesin bensin 1.2-liter DIG-S (Direct-Injection Gasoline Supercharged), tentunya disamping opsi mesin bensin 1.2-liter versi lawas.

Mesin 1.2-liter DIG-S 3-silinder tersebut diklaim Nissan bisa melontarkan hingga 98 HP dengan konsumsi bahan bakar rata-rata mencapai 4.1 liter/100km dan emisi CO2 sebesar 95 g/km. Pastinya mesin anyar ini lebih bertenaga dibandingkan mesin 1.2L versi jadul tapi tetap irit bahan bakar berkat penggunaan fitur stop/start otomatis yang diklaim bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar sebesar 4 persen.

Di Eropa sana, pilihan transmisi untuk versi DIG-S 1.2L disediakan dengan manual 6-speed sebagai standar pada March maupun CVT yang ditawarkan sebagai opsional, alias bisa dipesan dengan merogoh kocek sedikit lebih jeru (red: dalam). :D Tinggal dipilih mana yang lebih disuka konsumen Eropa, tapi mereka tetep lihat isi buku tabungan. :D
2014 Nissan March/Micra 1.2L DIG-S - Frankfurt Motor Show2014 Nissan March/Micra 1.2L DIG-S – Frankfurt Motor Show

City car baru ini mengusung perubahan di segi eksteriornya, seperti penyegaran pada desain grill, lampu depan, lampu kabut dan bumper. Desain grillnya kini mendapatkan sentuhan krom berbentuk V, lengkap dengan electric door mirror, lampu belakang dengan kombinasi LED dan roof spoiler dengan high-mount stop lamp. Nissan juga menawarkan velg alloy 15-inci dengan desain lebih segar dan beberapa sentuhan-sentuhan lainnya pada eksteriornya seperti back door garnish, exhaust finisher dan side body molding.

Sedangkan area kabinnya menyajikan beberapa fitur interior yang mencakup sistem audio 2-DIN, multi-information display, konektivitas USB, tombol kontrol audio di roda kemudi, sandaran kepala/headrest di bagian belakang dan area dasbor tengah dirombak ulang.


Nissan membenamkan beberapa fitur keselamatan pada city car anyar tersebut, termasuk Dual SRS Airbag, rem ABS/BA, security alarm dengan sensor kejut, remote key dan 3-titik sabuk pengaman. Beberapa fitur keselamatan lainnya hanya ditawarkan pada varian March 1.5L seperti Keyless Entry, Immobilizer dan Vehicle Dynamic Control (VDC).

Menurut Yoshiya Horigome sekalu wakil presiden Nissan Motor Indoinesia, Nissan March terbaru tak akan diproduksi lagi di Indonesia tapi akan diimpor secara lengkap dari negeri gajah putih Thailand alias jadi produk CBU. Sudah pasti rival sejati bagi New Nissan March 1.5L adalah Toyota Yaris, Honda Jazz dan Ford Fiesta hatchback.