Perbandingan Mobil Diesel dengan Bensin

Perbandingan Mobil Diesel dengan Bensin





Perbandingan Mobil Diesel dengan Bensin Jika ditanya, mana yang lebih baik antara Kijang Innova bensin versus diesel? #rentalmobil #rentalmobilnabil #mobil Jawabannya tidak bisa langsung ke salah satu  mesin tersebut. Memang, bila melihat perbedaan harga sampai Rp 15 juta/unit untuk grade yang sama, Innova bensin jelas sangat menarik.
Konsumen tentu makin kurang tertarik bila mendengar suara dan getaran mesin diesel. Padahal, dibandingkan mesin diesel konvensional, mesin diesel common rail memiliki suara lebih halus dan getarannya lebih rendah, meski belum bisa mengalahkan mesin bensin.
Lantas, apa nilai positif mesin diesel? Salah satu dan yang paling menarik adalah konsumsi bahan bakarnya yang lebih irit.
Ekonomis. Nilai ekonomis operasional dari konsumsi bahan bakar yang irit dan harga solar yang lebih murah adalah daya tarik utama mesin diesel. Ini pun hanya untuk solar biasa atau biosolar dengan Premium. Bila menggunakan Pertamax, termasuk Pertamax Plus dan Pertamina Dex yang seharusnya menjadi menu harian Innova bensin dan diesel, cerita agak lain.
Dulu, ketika perbedaan harga antara solar dan bensin cukup mencolok, masalah harga ini menjadi faktor utama sebagian konsumen Indonesia memilih kendaraan bermesin diesel. Pasalnya, biaya operasi hariannya benar-benar membuat pemilik kendaraan diesel puas. Sangat murah!
Kini, dengan harga bahan bakar yang lebih murah, konsumen mobil tidak terlalu memikirkan keuntungan biaya operasional tersebut, apalagi harga antara bahan bakar diesel (solar) dan Premium perbedaannya tidak terlalu banyak.
Namun yang pasti, jika kendaraan digunakan dengan jarak tempuh harian yang jauh, dari konsumsi bahan bakar akan diperoleh keuntungan lebih besar.
Diperkirakan, pada tahun pertama, biaya investasi mesin diesel lebih besar. Tahun berikutnya ditutupi oleh biaya operasional yang lebih murah. Dan tentu saja, mesin diesel akan lebih menguntungkan kalau sering ditugaskan untuk melakukan perjalanan jarak jauh.
Pada tahun kedua, antara mesin Innova bensin dan diesel, nilainya sudah sama. Namun setelah itu, nilai ekonomis mesin diesel tidak bisa dikalahkan oleh mesin bensin.
Setelah tahun kedua dan seterusnya, Innova diesel memberikan keuntungan ekonomis yang semakin baik.
Perawatan. Bagaimana dengan biaya perawatan? Banyak yang menilai, karena tidak menggunakan pengapian, biaya perawatan mesin diesel lebih murah. Meski begitu, ada beberapa komponen untuk mesin diesel harganya lebih mahal.
Secara umumnya, pada mesin yang diesel, komponen yang perlu mendapatkan perhatian serius adalah saringan udara, saringan oli, oli mesin, dan filter bahan bakar.
Adapun mesin bensin, selain komponen seperti di atas, busi  juga mendapatkan perhatian dan pergantian. Bila tidak, hal itu akan menyebabkan kerja tidak efisien, apalagi  lebih sering menggunakan Premium.
Kenyamanan. Untuk yang satu ini, tak terbantahkan, mesin bensin unggul. Bila ingin menikmati kenyamanan di perjalanan, pilihan pastinya—dalam kondisi standar—mesin bensin. Suara dan getaran dari mesin bensin lebih rendah. Sebenarnya, mesin common rail sekarang ini memiliki suara dan getaran lebih halus dibandingkan mesin diesel konvensional.
Suara dan getaran mesin diesel bisa saja dibekap agar tidak sampai ke ruang penumpnag. Namun biayanya jadi bertambah.
Ketahanan. Mesin diesel lebih tahan terhadap lingkungan dan kondisi kerja yang lebih berat. Misalnya cuaca panas dan panas jalanan macet. Makin panas cuaca dan suhu di sekitarnya, mesin diesel makin baik.
Kelebihan lainnya, mesin diesel tidak terlalu sensitif terhadap banjir dan hujan. Mesin diesel adalah pekerja berat.
Performa. Mesin diesel common rail sekarang menghasilkan torsi lebih besar. Selain membuat kendaraan jadi lebih irit, akselerasinya juga makin baik. Di samping itu, diesel ini juga lebih cocok untuk jalanan macet atau banyak tanjakan.
Mesin bensin yang bekerja pada putaran lebih tinggi cocok untuk mereka yang suka melaju pada kecepatan tinggi. Kecepatan tertingginya lebih baik.
Lain-lain. Dengan penjelasan tersebut di atas, pertanyaan yang muncul pada awal artikel akan terjawab.
Bila mengutamakan kenyamanan dan cuma digunakan satu atau dua tahun pertama, Innova bensin lebih cocok. Sebaliknya, jika penggunanya memprioritaskan biaya operasional yang ekonomis, pilih Innova diesel.
Lantas, bagaimana kalau menggunakan bensin oktan 92 dan 95 versus Pertamina Dex?
Tampaknya, hal itu akan dibahas lagi nanti!
Spesifikasi mesin diesel dan bensin Kijang Innova
Item
Diesel
Bensin
Tipe
2KD-FTV,
Common Rail, Turbocharger,
Direct Injection
1TR-FE, VVT-i,
 Injeksi Multipoint
Jumlah silinder
4, segaris
4 silinder, segaris
Jumlah & mekanisme katup
DOHC, 16 katup
DOHC, 16 katup
Sistem pasokan bahan bakar
Common Rail
Sistem injeksi
Kapasitas                               cc
2.492
1.998
Diameter x langkah           mm
92,0 x 93,8
86,0 x 86,0
Perbandingan kompresi
18,5 : 1
9,8 : 1
Tenaga maks. [EEC] kW@rpm
75@3.600
100@5.600
Torsi maks. [EEC]    Nm@rp
Transmisi  manual
                 otomatik
200@1.400~3.200
260@ 1.600~2.400
182@4.000

Keunggulan mesin diesel :

Konsumsi bahan bakar lebih efisien
Secara umum mesin diesel memberikan torsi bawah lebih besar dan berguna untuk pengendara saat dimedan OFF ROAD. Bahkan kebutuhan torsi menjadi penting ketika kita akan menarik kendaraan dijalan yang rusak atau di jalan non aspal
Bahan bakar mudah diperoleh dengan mudah, baik di Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum  (SPBU) dalam kota maupun luar kota
Sifat solar atau bahan bakar mesin diesel tidak terlalu berbahaya karena tidak mudah terbakar jika tersulut percikan api
Tidak gentar berkendara dibawah siraman air hujan lebat atau melintas dikondisi jalan banjir, karena ruang mesin diesel tidak ada komponen elektrikal seperti distributor (Delco) atau kabel busi
Tidak ada batasan antara tekanan bahan bakar dan udara. Semakin tinggi kompresi mesin diesel maka tenaganya, malah makin bertambah dan sistem kerja mesin semakin efisien
Mesin diesel sudah terkenal bandel, jarang rusak/rewel. Bila dirawat dengan benar, daya tahannya lebih lama, ini juga menjadi salah satu faktor penentu mengapa mesin diesel umumnya digunakan pada armada transportasi seperti truk atau kontainer besar


Kelemahan mesin diesel:

Kelemahan yang paling menonjol adalah suara mesin yang berisik, terdengar sampai ruang kabin
Jika injektor pada mesin diesel tercampur dengan air atau jenis partikel lainnya akan mudah bermasalah. karena delivery valve dibagian injection pump jika terkena air menyebabkan komponennya jadi tersumbat (mengendap alias berkarat). Dan biaya perbaikannya maupun suku cadangnya pun relatif mahal
Lambat saat berakselerasi. Namun sekarang sudah diterapkan sistem turbocharger atau supercharger untuk memperoleh tenaga yang spontan
Beban pajak mobil yang bermesin diesel lebih tinggi, karena kebanyakan mobil diesel ber CC besar. Rata-rata berkapasitas 2000 CC keatas
Tingkat pencemaran udara yang keluar dari sisa pembakaran tinggi
Harga mobil baru lebih mahal daripada mesin bensin untuk tipe yang sama

Kelebihan Mesin Bensin :


Mesin lebih responsif untuk berakselerasi
Suara mesin halus
Tingkat polusi/pencemaran udara lebih rendah
Spesifikasi teknis mesin mudah dipahami. Mesin dan bagian komponen mesin yang rusak dapat diketahui gejalanya. Dari sisi perawatan berkala pun jauh lebih mudah dan murah
Pilihan mobil berbahan bakar bensin relatif banyaK

Kelemahan Mesin Bensin

Untuk beberapa tipe mobil tertentu, misal produk eropa atau beberapa produk jepang, mengharuskan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi, diatas 91. Sebab, jika memakai dibawah 91, akan mengalami gejala knocking (mengetuk) dari mesin yang berdampak pada performa mesin yang menurun
Biasanya torsi maksimal dapat diperoleh pada tingkat putaran mesin tinggi
Sifat bahan bakar bensin lebih mudah terbakar, ini akan berbahaya jika terdapat kebocoran pada selang bensin, tangki bahan bakar atau karburator.
Memiliki spesifikasi komponen yang cukup rumit. Misalnya dengan mengadopsi teknologi VTEC (sistem pengaturan katup) seperti yang terdapat di Honda. Selain itu beberapa komponen juga butuh perawatan, misalnya busi yang harus diganti tiap usia pemakaian tertentu
Mesin bensin lebih rentan terhadap air atau banjir, karena banyakannya komponen kelistrikan seperti platina, distributor, busi, atau pada kendaraan yang sudah memakai Engine Control Unit (ECU) juga rentan terhadap siraman air. Karena faktor tersebut, mesin bensin dianggap kurang memiliki ketahanan terhadap water hammer daripada mesin diesel.
Harga jual kembali lebih murah daripada mesin diesel

Sekian aja artikel tentang perbandingan mobil diesel vs mobil bensin, anda lebih memilih mobil mana nihhhh?????