Perhatikan Bahan Pembuatnya

Perhatikan Bahan Pembuatnya


Sebenarnya bahan dasar stiker adalah vinyl atau plastik. Namun, beberapa jenis stiker masih menggunakan campuran kertas agar harganya lebih murah. Nah, stiker jenis ini yang sering menyulitkan saat dilepas. Demikian seperti yang dijelaskan Anthony Siregar dari Car Care Shop.

Namun bukan berarti cutting sticker yang sudah berbahan plastik lebih mudah. Kualitas bahan perekat juga menentukan mudah tidaknya stiker dilepas. Kadang, perekat yang jelek, susah untuk dilepas dan meninggalkan noda lem di bodi mobil.

Untuk mudahnya, sebelum melepas stiker, cobalah mencungkil ujung stiker dengan ujung kuku. Jika mudah terlepas secara utuh, artinya kualitas stikernya cukup baik. Anda bisa langsung menariknya. Namun jika sulit, atau guna mengurangi risiko merusak cat mobil, ada beberapa tahapan yang harus dilalui.

Terlebih dahulu siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Sediakan minyak tanah atau bensin, kuas, plastik pembungkus, kain mikrofiber, sabun cuci piring, exterior cleaner, obat poles, isopropyl alcohol (IPA), dan wax.

Langkah pertama, oleskan minyak tanah atau bensin di permukaan stiker yang akan dilepas. Fungsinya untuk melunakkan material stiker sehingga nantinya mudah dilepas. Selanjutnya, tutup permukaan stiker yang telah dioleskan dengan plastik pembungkus.

“Istilah di kalangan detailer adalah dikompres, supaya minyak tanah tidak menguap,” lugas Anthony. Biarkan selama sekitar 10 menit, kemudian buka plastik pembungkus dan lepas stiker dari ujung atas.

Lakukan dengan arah serong. Artinya, jika mulai dari kanan atas, arahkan tarikan ke kiri bawah. Selain mempermudah, cara ini mengurangi risiko stiker yang lepas menempel kembali. Mestinya kalau sudah lunak, stiker akan lepas dalam satu kali tarikan.

Dalam prosesnya bisa saja masih tersisa stiker yang tidak berhasil dilepas. Oleskan dengan minyak tanah, tunggu sekitar 1 menit, dan cobalah lepas kembali.

Biasanya permukaan bodi mobil bekas stiker terasa lengket karena tersisa lem. Untuk itu semprot dengan exterior cleaner, seperti 3M All Purpose Cleaner atau Adhesive & Tar Remover dari IPO.

Oleskan minyak tanah di atas permukaan stiker yang akan dilepas     Tutup dengan plastik pembungkus untuk mempercepat proses pelunakan stiker      tarik stiker dari susut atas ke bawah secara diagonal

Lalu seka dengan kain mikrofiber yang telah lebih dulu dicelupkan ke dalam cairan sabun. Jangan ditekan terlalu keras agar tidak menggores bodi mobil. Keringkan dengan kain bersih.

Karena terlalu lama memakai stiker, bodi mobil akan terlihat ‘belang’. Untuk menyamakannya, gunakan obat poles secara merata dalam satu panel bodi.

Sementara untuk menghilangkan seluruh noda minyak, debu, dan bahan kimia yang tertinggal, Anda bisa menggunakan IPA ke panel bodi. Hati-hati, karena kandungan alkohol sensitif terhadap panas. Kerjakan di tempat teduh dan jauhkan dari sumber api.

Seka dengan kain mikrofiber bersih. Selanjutnya bodi mobil bisa di-wax untuk melindungi dari sengatan sinar matahari dan oksidasi.

Semprot exterior cleaner untuk membersihkan sisa lem ,Keringkan dan sisa stiker hilang tanpa sisa      Waxing melindungi permukaan cat mobil dari oksidasi