Produksi Mitsubishi Lancer Evolution X Dihentikan Tahun ini, Tanpa Ada Pengganti

Produksi Mitsubishi Lancer Evolution X Dihentikan Tahun ini, Tanpa Ada Pengganti



#rentalmobilnabil Mitsubishi dikabarkan akan menghentikan produksi Lancer Evolution X menjelang akhir tahun ini, tanpa ada sesosok pengganti. Koran otomotif harian di Jepang “Nikkan Jidosha Shimbun” mengabarkan perihal tersebut.

Tampaknya keputusan tersebut diambil Mitsubishi lantaran permintaan Lancer Evo X menurun drastis akhir-akhir ini. Sayangnya, produsen mobil Jepang tersebut tidak merencanakan untuk menelurkan Evolution XI sebagai sang suksesornya.

Mitsubishi Lancer Evo awalnya hanya dijual khusus di Jepang sejak tahun 1992 silam. Tetapi tingginya permintaan pasar membuat Mitsubishi rela mengekspor sedan panas tersebut ke berbagai negara di Eropa pada 1998 dan di Amerika Serikat mulai tahun 2003 setelah melihat kesuksesan Subaru dengan Impreza WRX STi di negeri paman Sam tersebut.

Di pasar domestik Jepang, Lancer Evo terjual sebanyak 92,000 unit dan total penjualan di seluruh dunia mencapai 154,000 unit. Tahun ini Mitsubishi sendiri sudah menawarkan Lancer Evo X special edition yang dicap sebagai “X FQ-440 MR” dengan mesin turbocharged 2.0-liter 4-silinder bertenaga 440 HP (328 kW).

Namun, model edisi khusus Evo X hanya dijual Inggris. Sang suksesor Lancer Evo dikabarkan akan datang beberapa tahun lagi dengan membawa teknologi hybrid.