Rawat Agar Tetap Sejuk

Rawat Agar Tetap Sejuk

 

Kaca film kini sudah menjadi peranti wajib pemilik mobil di Indonesia. Sebab salah satu fungsinya untuk menahan terpaan sinar matahari. Kurangnya perawatan kaca film dapat mengurangi usia kaca film dan mempengaruhi suhu di dalam kabin mobil.

Misalkan, temperatur di kabin mobil bukan ha­nya ditentukan oleh sebe­rapa bagus kinerja sistem pendingin atau AC, tetapi dipengaruhi juga oleh kondisi kaca film. Semakin bagus kondisi kaca film menahan dan menolak sinar matahari, maka suhu di dalam kabin mobil terjaga atau sejuk.

Kaca film bukan sekedar dipasang saja tetapi butuh perawatan, caranya pun cukup mudah. Pertama, saat Anda mencuci mobil jangan lupa bersihkan bagian kaca dalam yang terdapat lapisan filmnya. Gunakan kain mikrofiber, karena kain tersebut mempunyai tekstur halus dan dapat mengakat semua kotoran.

“Hindari membersih­kan menggunakan cairan yang mengandung ammonia atau alkohol. Selain itu jangan memakai sabun atau shampo orang dewasa karena ditakutkan mengandung bahan kimia yang dapat merusak dan menurunkan performa film. Sebaiknya gunakan shampo bayi,” jelas Monita Cherline Promotion & Adverti­sing Manager PT. V-Kool Indo Lestari, distributor kaca film V-Kool di Indonesia.

Kerusakan fisik kaca film bisa berupa robek atau bolong, salah satu pe­nyebabnya adalah debu-debu kasar yang menempel di karet-karet jendela pintu mobil. Kerusakan tersebut diawali goresan kecil pada kaca film lantaran jendela kaca bergerak turun maupun naik saat debu menempel di karet pintu mobil.
   
Boleh diampurkan dengan shampo bayi     Hindari mengunakan cairan pembersih yang mengandung amonia


Oleh karena itu bersih­kan karet-karet pintu mobil secara rutin de­ngan menggunakan kain halus atau sikat gigi. Lalu hindari mencukil kaca film bagian pinggir karena dapat menyebabkan rusaknya lapisan film.

“Sekarang ini banyak terjadi kaca film robek di bagian depan, karena melepas alat navigasi dengan cara dipaksa. Jadi berhati-hatilah saat melepas dan lakukan dengan benar,” tambah Monita.

Langkah terakhir, jangan terlalu lama parkir kendaraan di tempat terbuka dengan kondisi cuaca panas. Suhu panas yang terbawa dari sinar matahari dapat mengurang usia kaca film. Usia kaca film bila dirawat secara benar kurang lebih lima tahun.
   
Tunggu 48 jam sebelum digunakan
Jangan menghidupkan anti kabut atau defogger selama 4 minggu

Saat dalam kondisi baru
Hal yang perlu di diperhatikan jika Anda baru memasang kaca film:
Jangan mengoperasikan kaca jendela mobil Anda selama 48 jam, karena lem pada kaca film belum menempel secara menyeluruh.
Jangan menghidupkan anti kabut atau defogger selama 4 minggu.
Jangan menempelkan stiker atau perekat apapun pada lapisan film.
Pembersihan kaca film, baru dapat dilakukan minimal 7 hari setelah pemasangan
Mungkin terlihat diantara kaca film dan kaca setelah pemasangan berupa
gelembung air. Hal ini normal dan akan hilang dengan sendirinya dalam
 kurun waktu 4 sampai 10 minggu.