Rawat Mobil Secara Periodik

Rawat Mobil Secara Periodik


Untuk memastikan kebersihan mobil selalu berada di level terbaik, dibutuhkan perawatan secara berkala. Tentu aplikasinya tidak perlu serumit servis mesin, dan hal ini bisa dikerjakan sendiri di rumah.

Lakukan dalam jangka waktu tertentu. Bagi saja dalam periode harian  (daily care), mingguan (weekly care), dan bulanan (monthly care). Untuk memudahkan, bagilah perawatan ini dalam beberapa bagian seperti eksterior, interior, dan mesin.

 Daily Care

Perawatan harian dimulai sehari setelah mobil menjalani full body treatment. Pekerjaan daily care tidaklah rumit. Pertama-tama, perlu dilakukan inspeksi seluruh bodi. Jika ada debu, bisa digunakan kain mikrofiber untuk membersihkannya.

Lanjutkan inspeksi ke kabin. Perhatikan area dasbor. Jika berdebu, bersihkan dengan kain mikrofiber. Sama halnya dengan karpet. Angkat dan buang kotoran yang ada di atasnya.

Weekly Care

Lakukan cuci detail seminggu sekali. Kecuali kotor, kolong mobil tak perlu setiap kali dibersihkan. Perhatikan sela-sela panel bodi untuk melihat air yang meleleh. Untuk memastikan perlindungan maksimal, lakukan waxing secara merata.

Buka kap mesin dan bersihkan permukaan mesin. Jangan alpa pula membersihkan kabel-kabel yang menjuntai. Gunakan air seperlunya untuk mengurangi risiko merusak komponen elektrik.

Jalani pembersihan secara menyeluruh di kabin. Kain mikrofiber merupakan alat ampuh untuk melakukannya. Kalau ada noda tertinggal, gunakan interior cleaner untuk menuntaskan.

Lapisi permukaan panel di kabin dengan interior conditioner atau interior dressing. Zat pelembab yang dimiliki mampu menjaga kabin dari ganasnya sengatan cahaya matahari.

Monthly Care

Rentang waktu satu bulan mestinya sudah membuat kolong mobil kotor. Lakukan cuci detail lengkap hingga bagian kolong. Untuk kaca, jamur yang mulai tumbuh sudah saatnya untuk dibersihkan.

Perhatikan bodi mobil. Jika sudah mulai keluar jamur, bisa dipoles. Jangan lupa untuk mengaplikasikan wax sebagai bahan pelindung dan membuatnya tampak cemerlang setelahnya. Pelek dan ban juga bisa diberi bahan perawatan setelah lebih dulu dibersihkan.

Di kabin, Anda bisa mulai dari filter AC. Fungsinya sebagai penyaring udara AC membuat kita harus memberikan perhatian lebih banyak pada komponen ini. Memang posisi filter ini sulit dijangkau karena umumnya harus melepas glovebox lebih dulu. Namun itu sepadan dengan hasil yang ingin dicapai.

Untuk mobil dengan jok fabric, cobalah pukul berulang-ulang permukaan jok. Kami yakin debu akan berterbangan. Untuk lebih meyakini seluruh debu sudah terangkat, gunakan vacuum cleaner.
Pelapis kulit lebih mudah. Cukup seka dengan kain mikrofiber jika tak ada masalah, bangku akan segar kembali. Yang terpenting adalah selalu oleskan pelembab supaya tetap awet.

keluarkan karpet dan cuci dengan cairan pembersih. Penyedot debu bisa dimanfaatkan untuk karpet dasar. Jangan lupa untuk membersihkan panel pintu dan plafon.

akukan inspeksi pada sela-sela panel. Bersihkan jika terdeteksi noda. Untuk sedan dan hatchback, proses membersihkan bisa dilanjutkan ke bagasi. Berlanjut ke mesin. Selama tak ada noda membandel, tidak perlu menggunakan bahan khusus. Cobalah tengok bagian bawah umesin. Jika kotor, produk engine degreaser bisa digunakan. Hati-hati dalam penggunaannya karena bahan ini dapat menimbulkan iritasi jika terkena kulit.

Syarat dan ketentuan
Full body treatment mesti diaplikasikan pada eksterior, interior, dan mesin sebelum menjalani perawatan berkala. Tujuannya untuk menyegarkan kondisi mobil dan mempermudah proses perawatan. Bisa dilakukan di salon mobil atau dikerjakan sendiri.

Layaknya servis mobil, jika terjadi suatu masalah seperti noda membandel atau baret, maka dibutuhkan penanganan lebih lanjut di luar perawatan berkala.

Lakukan full body treatment ulang setelah 3 atau 6 bulan kemudian. Namun perhatikan kondisi mobil. Jika masih mulus, Anda cukup kembali mengulang langkah perawatan.