Rawat Sebelum Petaka Datang

Rawat Sebelum Petaka Datang 


Ada banyak alasan, mobil di garasi jarang digunakan. Mulai dari efektivitas mobilitas sampai collector item menjadi alasan untuk hal itu. Selain itu, sebagian besar si empunya memiliki lebih dari satu mobil untuk mobilitas keseharian.

Singkatnya, mobil seolah teronggok di salah satu garasi semata tanpa perawatan yang memadai. Inilah yang salah kaprah. Tidak sering menggunakan mobil bukan berarti bebas masalah.

Justru bila tidak tertangani dengan benar seabrek masalah siap mendera. Mulai dai aki drop hingga masalah korosi siap menjadi bulan-bulanan akibat hal itu.

Pangkalnya, performa menjadi pertaruhan paling nyata bila abai dalam langkah perawatan. Makanya, tips dan perawatan mobil tersebut butuh perhatian Anda agar tetap terjaga performa dan orisinalitasnya.

RITUAL START MESIN MOBIL

Starter mobil atau lebih dikenal dengan istilah manasin mobil menjadi ritual yang mesti dilakoni. Selain memberikan komponen jeroan mobil masih tetap bekerja, terutama aki dan sirkulasi oli.

Idealnya, ritual ini dilakukaan sekali dalam sehari. Namun bila tidak, 2 hari sekali juga masih bisa dilakukan untuk tetap memastikan komponen mobil bekerja.

BUTUH PENYEGARAN

Seperti hal mahluk hidup lain, mobil juga butuh penyegaran. Setelah sekian lama berada di area tertutup, sesekali mobil tersebut juga beraksi di jalan. Sebaiknya, ritual penyegaran dan cari angin ini dilakukan seminggu sekali. Bila tidak, komponen di dalam bakal berpotensi mengalami kerusakan.

ANTI-BINATANG

Lokasi penyimpanan mobil yang tidak terawatt, berpotensi menjadi sarang binatang bercokol. Mulai dari sarang semut, serangga hingga lalu lalang tikus menjadi konsekuensinya. Untuk itu, upaya preventif, se­perti memberikan kapur ajaib anti-semut dan serangga dan racun tikus menjadi menjadi opsi untuk itu.

 ANTI LEMBAB DAN BAU

Pastikan kondisi garasi penyimpanan mobil dalam kondisi kering. Hal ini untuk meminimalkan lembab dan bau tidak sedap yang dikeluarkan. Bila perlu, tebar kamper untuk antisipasi hal itu. Tentu saja, setelah semuanya preparasi penyimpanan mobil ini sudah dilakukan.

VAKUM

Meski tidak sering digunakan, bukan berarti debu dan kotoran lain ogah nempel di mobil kesayangan Anda. Ritual bebersih dengan vacuum cleaner juga masuk dalam daftar perawatan. Setidaknya dalam seminggu sekali ritual anti-debu bisa dilakukan.

COVER MOBIL

Bila semua langkah di atas telah dilakukan, selanjutnya menutup mobil dengan cover. Untuk bahan cover, tergantung area penyimpanan mobil. Bila area kering dan berada di dalam, cover berbahan kain bisa menjadi pilihan. Sementara untuk cover berbahan polyester, area semi terbuka dan berpotensi terkena tampias air cocok untuk ini.