Rawat Sendiri Lebih Hemat

Rawat Sendiri Lebih Hemat


Agar mobil tampil menarik dan bersih, dibutuhkan perawatan secara berkala. Praktiknya pun tidak sulit dan bisa dilakukan sen­diri di rumah. Ketersedian obat pembersih dengan sifat melindungi sudah banyak dijumpai digerai aksesori mobil.

Namun banyak pengguna mobil yang khawatir menggunakan obat pe­rawatan mobil seperti wax karena dianggap dapat mengikis cat. Anda tidak perlu khawatir penggunaan yang tepat guna terhadap produk perawatan dapat menghilangkan mitos yang selama ini beredar.

Sekarang Anda tinggal memilih produk pe­rawatan untuk mobil kesayangan. Dan perawatan dilakukan secara berkala, bisa mingguan atau bulanan.

Beberapa merek di pasar mempunyai paket produk perawatan. Atau Anda dapat membeli produk satuan secara tepat. Jadi Anda bisa melakukan perawatan sendiri di rumah de­ngan biaya lebih murah dibanding harus ke salon mobil.

SOFT99
Produk dari Soft99 berikut ini sifatnya melindungi dan menjaga mobil tetap bersih dan mengilap. Cakupan paket perawatannya mulai dari eksterior, interior hingga kaca.

Pertama Creamy Shampoo seharga Rp 160 ribu untuk mencuci bodi. Caranya, tuangkan cairan ke spons secukupnya lalu basahkan sampai berbusa dan gosok­an ke bagian seluruh bodi. Hindari mencuci dengan cara memutar, sebaiknya dengan cara horisontal.

Setelah mencuci, ke­ringkan bodi dan gunakan produk wax, Metalica, untuk melindungi dan mengilapkan cat. Caranya, gunakan wax yang berbentuk krim ini ke bagian kain yang ada pada kemasannya. Lalu gosokan ke bodi mobil secara merata. Produk ini bukan hanya digunakan pada bodi, tapi bisa diaplikasi untuk mika lampu dan plastik.

Langkah selanjutnya ke bagian interior dengan menggunakan Multi Room Cleaner. Produk Soft99 ini bisa membersihkan bagian interior seperti bahan plastik, kulit sintetis, dan kain. Cara penggunaanya semprotkan Multi Room Cleaner ke sikat kecil yang tersedia pada kemasan. Lalu sikat ke bagian yang ingin dibersihkan misalkan dasbor atau panel pintu. Multi Room Cleaner ini dijual Rp 173.500.

Terakhir, bagian kaca mobil menggunakan Compound Z yang dibanderol Rp 129.800. Produk ini bisa membersihkan jamur dan menutupi pori-pori pada kaca. “Produk ini ramah lingkungan dan aman bagi kulit. Bila dijumlah secara keseluruhan produk asal Soft99 tersebut harganya Rp 686.800, dan bisa digunakan selama 6-8 bulan,” ungkap Herman Widjaja, president director PT Autotama Aneka, pemegang merek Soft99 di Indonesia.

MEGUIAR'S
Produk Meguiar's yang satu ini sifatnya lebih untuk meng­obati bodi mobil yang sudah baret dan melindungi bodi. Produknya dijual satu paket berisi 4 jenis obat perawatan bodi, dua lap mikrofiber dan dua soft foam applicator pads. Paket ini dibanderol Rp 682.000.

Masing-masing produk mempunyai fungsi yang berbeda dan digunakan secara berurutan. Pertama, gunakan Gold Class Wash untuk mencuci mobil dengan menggunakan soft foam applicator pads berbentuk bulat.

Setelah dikeringkan aplikasikan Clay Bar & Quick Detailer dengan bantuan kain microfiber yang tersedia dalam kemasan secara merata ke seluruh bodi. Tuangkan clay bar secukupnya ke lap mikrofiber, lalu gosokan ke bodi mobil secara merata.

Langkah selanjutnya, gunakan Ultimate Compound yang fungsinya menghilangkan baret dan mengilapkan warna cat. Caranya sama seperti Clay Bar & Quick Detailer.

Terakhir, lapisi dengan Gold Class Carnauba untuk melindungi cat dan mengeluarkan warna. Penggunaanya juga sama. “Produk Meguair’s ini dinamakan paint restoration kit, dan kami menjamin dapat membuat mobil tampil menawan dan mengilap. Asal­kan penggunaannya benar dan berkala seperti 1–2 bulan sekali,” jelas Okta Vianus, event and promotion staff Meguair's Indonesia.