Rawatlah Sejak Dini

Rawatlah Sejak Dini
 


Punya mobil dengan bahan jok dari kain (fabric) memang mesti rajin melakukan perawatan. Soalnya, material ini mudah sekali kotor. Debu yang masuk di kabin dapat dengan mudah menempel di pelapis jok jenis ini.

Apalagi kalu terkena noda. Entah susu formula, minuman bersoda, atau lainnya. Untuk jenis material ini mesti segera ditangani. Karena kalau sudah meresap, bakal sulit sekali untuk menghilangkannya.

Celakanya, banyak pemilik mobil yang menganggapmerawat jok berbahan fabric itu sulit. Padahal sangat mudah. Hanya membutuhkan waktu sebentar dan peralatannya pun tersedia di berbagai toko car care.

Obat untuk membersihkan bahan fabric biasanya bernama fabric & upholstery cleaner. Ada juga yang diberi nama stain remover alias pengusir noda. Pembersih ini tersedia dalam jenis foam (busa), dan cairan dalam kemasan kaleng atau plastik. Hargaanya berkisar Rp 95-175 ribu.

Setelah mendapatkan obat pembersih, tinggal cermati aturan pakai yang tercantum di kemasan. Umumnya dibutuhkan peralatan tambahan yang mudah ditemukan, se-perti lap kering, spons, atau sikat plastik.

Oh ya, hal penting yang mesti Anda lakukan sebelum mengaplikasikan cairan pembersih ke jok adalah mencobanya. Teteskan atau semprotkan cairan pembersih ke satu bagian kecil di jok untuk melihat reaksinya, apakah membuat warna pelapis berubah atau memberi dampak negatif lainnya.

Menyedot debu

Debu selalu ada di kabin. Kotoran in masuk ketika Anda membuka pintu, jendela atau via saluran penyejuk udara. Partikel kecil kasat mata mudah menempel di pelapis berbahan fabric.

Untuk itu sebaiknya Anda secara rutin menyedot debu menggunakan vacuum cleaner. Setidaknya seminggu dua kali, seluruh jok dibersihkan. Paling mudah menyerahkan ke tempat cuci mobil, karena umumnya mereka memasukkan fasilitas ini dalam pelayanan.

Namun, Anda juga bisa membeli sendiri vacuum cleaner portabel yang berbodi kompak dan bisa dibawa di bagasi mobil. Memang harganya relatif mahal, antara Rp 250-450 ribu. Sebaiknya pilih vacuum cleaner jenis wet and dry. Artinya jenis bisa mengangkat kotoran saat kain basah atau kering.

Menghilangkan bau

Bau tak sedap merupakan salah satu masalah jok berbahan fabric. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari keringat, asap kendaraan lain, atau kelembaban kabin.

Sebab lain adalah menyimpan makanan di kabin mobil dalam waktu lama. Aroma makanan itu dapat menempel di jok berbahan kain. Salah satu solusi praktis adalah menyemprotkan interior deodorizer. Obat ini diformulasikan untuk menghilangkan bau tak sedap di jok fabric.

Cara pakainya gampang. Permukaan jok dibersihkan dulu menggunakan vacuum cleaner. Kemudian semprotkan interior deodorizer sampai permukaan menjadi sedikit lembab. Setelah itu keringkan.

Anda bisa mempercepat pengering-an bagian tersebut menggunakan hair dryer (pengering rambut). Kalau mau sedikit repot, lepas jok dan jemur sekitar 1-2 jam di bawah terik matahari.

Membersihkan noda

Bila terlihat noda setelah proses dengan vacuum cleaner selesai, maka langkah selanjutnya adalah menghilangkannya. Semprotkan obat penghilang noda dari jarak 15-20 cm.

Ketika obat menempel di kain, diamkan sekitar 60 detik. Setelah itu gosok dengan arah melingkar menggunakan kain lembut atau spons. Jika jok sudah mengering, gunakan sikat plastik untuk menyingkirkan residu noda.

Bila masih ada noda tersisa, lakukan langkah di atas hingga noda hilang. Untuk langkah penuntasnya gunakan lap kering, atau kembali manfaatkan vacuum cleaner.