Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Sesuaikan Dengan Kebutuhan


Secara umum ada dua jenis perawatan yang ditawarkan salon mobil, yakni paket menyeluruh dan per bagian. Bila Anda tipe orang yang tak sempat mengunjungi salon, maka paket menyeluruh layak dipilih. Tapi bila ada satu area saja yang ingin dipercantik, paket yang ditawarkan beragam. Berikut sekelumit penjelasannya.

PAKET MENYELURUH

Paket ini meliputi eksterior, interior, serta ruang mesin. Bila melakukan paket menyeluruh, Anda dijamin akan terpana dengan hasilnya karena mobil keluar dari salon dalam keadaan berkilau seperti baru.

“Waktu pengerjaan biasanya 5-6 jam, jadi sebaiknya mobil ditinggal pagi hari, dan diambil sorenya,” tutur Sumiyati, Store Supervisor salon Meguiar’s di kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Paket serupa juga ditawarkan salon perawatan mobil lain. Rata-rata perawatan lengkap menuntut biaya sekitar Rp 1-2 juta, tergantung besar dan jenis mobil. Setelah melakukan perawatan jenis ini, biasanya Anda cuma perlu 3-4 bulan sekali mengulangnya.

Tapi bagi Anda yang rajin melakukan perawatan, ada paket member yang layak dilirik. “Dengan paket ini Anda jauh lebih murah dalam melakukan perawatan. Anggap setahun 3 kali melakukan paket perawatan lengkap. Dengan member Anda bisa menghemat sampai 50%. Kalau lebih sering maka penghematannya lebih banyak lagi,” tambah Sumiyati.

Sebagai informasi, bila mobil Anda berukuran kecil, maka perawatan lengkap di Meguiar’s membutuhkan dana Rp 1,1 juta per kunjungan. Tapi bila menjadi anggota, Anda tinggal bayar Rp 1,8 juta per tahun. Setiap kunjungan Anda hanya dikenakan biaya Rp 250 ribu.
   
Paket per bagian

Paket eksterior meliputi kaca, bodi, dan pelek. Biayanya berkisar Rp 600-900 ribu, tergantung ukuran mobil. Tapi bila Anda hanya ingin membersihkan lampu depan, cukup sediakan Rp 150 ribu untuk mobil Jepang dan Rp 200 ribu untuk mobil Eropa.

Atau jika hanya ingin membersihkan sisi dalam bumper yang biasanya dihinggapi berbagai jenis kotoran, Karstadt Car Clinic di kawasan Cinere, Jakarta, hanya mengenakan Rp 125 ribu untuk mobil Jepang dan Rp 150 ribu untuk Eropa.

Begitu pula dengan interior. Selain paket menyeluruh, juga tersedia per bagian. Misalnya menghilangkan noda, membersihkan panel pintu berikut rongga di dalamnya, atau sekadar membersihkan saluran AC. Bagasi juga termasuk bagian yang kerap terabaikan.

Jadi, jangan ragu lagi untuk pergi ke salon mobil.