Tesla Model S Akan Diboyong ke Indonesia

Tesla Model S Akan Diboyong ke Indonesia


Dulu, untuk memiliki mobil listrik Tesla di Indonesia, Anda harus siap merogoh kocek lebih dari dua kali lipat dari harga di AS, yaitu kisaran Rp 1 miliar.

Harga tersebut wajar, karena belum resmi dirilis di dalam negeri. Namun, kabar gembira datang. Mobil listrik asal Amerika, Tesla sebentar lagi akan masuk ke Indonesia. Mobil listrik ini akan diboyong ke Jakarta oleh salah satu distributor mobil mewah di Indonesia, Prestige Image Motorcars.

Sebagai mobil listrik, maka masalah daya bukan lagi pada harga BBM, tapi fasilitas pengisian baterainya yang belum tersebar di Indonesia seperti menjamurnya jumlah SPBU.

Meski masalah tersebut diminimalisir dengan kemampuan menjelajah Tesla Model S hingga 469 km di jalanan perkotaan, namun tetap saja hal itu terbatas.

Bagaimana sistem penggerak mobil ini? Tesla Model S digerakkan dengan penggerak roda belakang. Model ini dilengkapi dengan powertrain liquid-cooled termasuk baterai, motor, penggerak inverter, dan gear box.

Model S hadir dengan 60 kWh microprocessor controlled, lithium-ion battery dan single speed fixed gear dengan rasio 9,73:1.

Tesla Model S hadir dengan dua pilihan baterai, 85 kWh dan 60 kWh. Dalam keterangan resminya, dengan baterai 85 kWh mobil mampu menempuh jarak 469 km dalam kondisi baterai penuh di jalan kota. Sementara baterai 60 kWh mampu menjangkau 383 km.

Dengan konsep ramah lingkungan, Tesla mengklaim mobil listriknya lebih efisien. Penggerak mobil Tesla lebih efisien dalam menggunakan energi daripada mesin pembakaran.