Tips Bersihkan Kolong Mobil

Tips Bersihkan Kolong Mobil



Saat musim hujan, fokus utama membersihkan mobil tertuju ke bodi. Tidak salah memang. Apalagi jika setiap hari mobil disiram hujan. Tentu Anda memiliki prioritas. Untuk itu, seringkali kolong mobil dilupakan.

Padahal, di kolong mobil terdapat berbagai komponen penting mobil. Seperti kaki-kaki yang terdiri atas sistem rem, suspensi, dan kemudi. Termasuk pula bagian bawah mesin dan transmisi. Ada juga dek yang berisiko karat jika tidak dijaga kebersihannya. Semakin penting jika Anda habis melewati banjir atau jalan berlumpur.

Sebenarnya menjaga kebersihan kolong mobil tidaklah sulit. Sebulan sekali Anda bisa bawa ke tempat cuci mobil yang dilengkapi perangkat hidraulis untuk mengangkat mobil. Air tekanan tinggi yang disemprotkan mestinya ampuh mengenyahkan kotoran yang menempel.

Jangan langsung turunkan mobil saat sudah selesai disemprot. Lakukan inspeksi mulai dari depan ke belakang. Pusatkan perhatian di depan. Sela-sela bumper biasanya sering dihinggapi sampah seperti daun atau plastik. Padahal terdapat sistem pendingin mesin dan kabin (AC) di area itu. Kotoran dapat mengganggu kinerja keduanya.

Periksa pula sekitar roda. Pastikan tidak ada sampah menyangkut atau kotoran lain yang masih menempel. Hati-hati dengan sensor-sensor, seperti di sekitar rem. Begitu pun bagian bawah mesin.

Sembari melakukan itu, sempatkan pula memeriksa apakah ada kerusakan pada komponen di atas. Sambungan antar komponen mekanis biasanya dilindungi oleh karet. Perhatikan, siapa tahu ada yang robek. Termasuk juga slang dan pipa rem.

Pada dek, periksa adanya potensi tumbuhnya karat. Untuk kaki-kaki dan bumper belakang bisa diperlakukan sama dengan depan.

Bagaimana kalau Anda tidak sempat ke tukang cuci mobil hidraulis? Sempatkanlah untuk melongok kolong mobil. Minimal seminggu sekali. Memang keleluasaan Anda berkurang. Setidaknya, minimal bisa mereduksi potensi kotor.
       
Jangan lupa bersihkan dek di atas ban , Semprot lubang udara di bumper untuk membersihkan kotoran di baliknya.
Pastikan bagian belakang bumper depan bersih agar tidak mengganggu kerja pendingin ruang

Semprotkan air bertekanan dari sela-sela gril dan lubang udara di bumper agar kotoran rontok. Bersihkan sela-sela bumper bagian dalam dengan sikat. Gunakan sikat nylon yang memiliki tangkai panjang untuk memperluas jangkauan. Kalau masih kurang yakin, gunakan tangan untuk memeriksa kembali.

Untuk memeriksa area sekitar ban, putar sedikit roda ke arah luar untuk memperluas akses ke kaki-kaki. Semprot dengan air bertekanan agar kotoran rontok. Bantu dengan sikat bertangkai panjang.

Spons yang dilumuri sampo mobil bisa dikaryakan. Tapi tetap waspada dengan sensor yang terpasang di kolong mobil.

Jangan lupa untuk membersihkan dek di atas ban. Cukup dengan kain lap karena ada lapisan anti-karat di sana. Untuk mudahnya, bisa dipakai spons yang sudah dibasahi dengan sampo mobil.

Bersihkan pula pelek dan ban agar tampil segar kembali. Sambil bergerak ke belakang, semprot dek dengan air bertekanan. Beri perhatian khusus pada sudut pertemuan dengan bodi mobil. Pakai sikat nylon untuk memastikan kotoran rontok.

Paket sepatbor, bumper, dan kaki-kaki belakang sama metode pengerjaannya dengan depan. Oh ya, jangan lupa untuk memeriksa karet-karet pada kaki-kaki mobil. Kalau robek, segera ganti. Kolong mobil pun terjaga kebersihannya.