Tips Merawat AC Mobil Toyota

Tips Merawat AC Mobil Toyota



#rentalmobilnabil Toyota merupakan mobil terpopuler di Indonesia. Dengan ratusan jaringan dealer dan bengkel yang tersebar di seluruh Indonesia, sangat mudah bagi pemilik Toyota untuk merawat atau memperbaiki mobilnya. Tapi kadang, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sendiri.

Suhu tropis Indonesia mengharuskan kondisi AC mobil sempurna setiap saat agara perjalanan bisa nyaman. Nah, Toyota Astra Motor memberikan kita sejumlah tips ringan untuk merawat AC mobil Toyota. Berikut tipsnya:

1. Anda harus senantiasa menjaga kebersihan kabin dari debu dan kotoran. Dalam hal ini, Anda juga harus memperhatikan kebersihan karpet yang berada di depan, karena jika debu atau kotoran pada karpet itu tersedot ke dalam evaporator, akan menimbulkan jamur dan spora. Tentunya, hal tersebut tidak baik untuk kesehatan. Selain itu, akan menimbulkan bau yang tidak enak bila pertama kali AC dihidupkan.

2. Anda perlu membuka kap mesin mobil Toyota saat Anda mencuci mobil. Kemudian, semprotkan air yang kencang pada bagian kondensor AC guna membersihkan debu dan kotoran yang menempel. Jika kororan atau debu tersebut dibiarkan, maka debu atau kotoran akan mengeras dan dapat mengakibatkan korosi (keropos) sehingga kondensor menjadi bocor.

3. Jika anda memarkir kendaraan untuk waktu yang lama, Anda sebaiknya pilih  tempat parkir yang teduh. Karena jika parkir di tempat yang panas, saat Anda masuk kembali ke dalam mobil, suhu di dalam mobil akan cukup panas. Hal tersebut dapat menyebabkan AC membutukan waktu yang lebih lama untuk proses pendinginan. Selain itu, hal tersebut dapat menyebabkan beban pendinginan saat mobil berjalan menjadi cukup tinggi.

4. Anda sebaiknya tidak memaksimalkan beban AC saat kendaraan melaju  kencang.

5. Anda harus mematikan AC terlebih dahulu sebelum menghidupkan mesin mobil. Nah, jika mesin mobil sudah stabil, Anda dapat menghidupkan AC. Hal tersebut juga berlaku sebaliknya. Jika ingin mematikan mesin, Anda harus mematikan AC terlebih dahulu.

6. Anda harus memeriksa extra fan (kipas yang berada di depan kondensor), apakah hidup atau tidak jika AC dihidupkan. Jika extra fan tidak hidup, maka Anda harus segera  menggantinya karena jika dibiarkan akan menyebabkan kompresor rusak atau bahkan slang high pressure bisa meledak.