Tips Merawat Panel Pintu Mobil

Tips Merawat Panel Pintu Mobil


Panel pintu mudah terkena kotoran. Seperti ketika tangan Anda membuka atau tutup pintu. Atau saat Anda meletakkan bungkus makanan atau tiket parkir di sela rongga penyimpanan. Makanya, sempatkanlah untuk membersihkan dan merawat panel pintu mobil.

Pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengeluarkan barang-barang yang ada di tempat penyimpanan. Saat mengeluarkannya, kami yakin banyak di antaranya yang sudah berstatus sebagai sampah.

Kalau cukup untuk disusupi tangan, bersihkan rongga tersebut dengan chamois setengah basah. Agar hasilnya maksimal, gunakan plastic and vinyl cleaner.

Manfaatkan vacuum cleaner untuk menjangkau sisi sulit. Pintu biasanya terdiri dari beberapa panel yang di antaranya terdapat sela tipis atau jahitan. Dengan memakai sikat nylon, bersihkan sela-sela tersebut. Termasuk sela di antara tombol power window. Bantuan interior cleaner bisa dimanfaatkan. Namun cukup disemprotkan ke sikat saja.
       
Celah panel bisa dijangkau dengan bantuan sikat     Gunakan cairan pembersih untuk memudahkan     Membersihkan lapisan krom cukup diseka dengan kain mikrofiber

Secara garis besar, terdapat material plastik, fabric, kulit, kayu, atau panel mengilap, yang umum digunakan sebagai panel pintu. Material plastik paling banyak digunakan. Bahan ini relatif mudah untuk dibersihkan.

Cukup lap dengan chamois setengah basah, debu dan kotoran bisa diangkat. Kalaupun sulit, Anda bisa menggunakan plastic and vinyl cleaner. Semprot permukaan plastik dan seka, panel plastik bersih kembali.

Asyiknya produk ini adalah karena bisa juga dikaryakan untuk membersihkan material lain seperti fabric, kulit, dan panel mengilap. Tapi untuk hasil maksimal, Anda bisa menggunakan pembersih yang lebih spesifik. Seperti leather cleaner atau fabric cleaner. Terutama jika kotoran yang menempel terasa sulit untuk dibersihkan.

Namun untuk panel mengilap seperti krom pastikan produk pembersih tersebut tidak mengandung asam yang korosif. Atau untuk amannya, panel mengilap cukup diseka dengan kain mikrofiber guna mengangkat kotoran yang menempel.

Upaya lebih harus diberikan pada panel berbahan fabric. Pori-pori yang lebih besar membuatnya lebih mudah dihinggapi kotoran. Segera bersihkan karena jika terlalu lama didiamkan akan semakin sulit dibersihkan. Perhatikan arah jahitan kain agar tidak rusak saat diseka.

Setelah resik, jangan lupa untuk melin­dungi panel pintu. Anda bisa menggunakan interior dressing untuk material plastik, kayu, dan logam. Sebenarnya ketiganya memiliki lapisan coating, tapi sangat tipis dan mudah terkikis. Untuk material logam dan kayu, pastikan ia kering sempurna agar tidak memancing oksidasi dan merusaknya.

Untuk kulit, tersedia leather dressing atau conditioner. Formulanya bermanfaat untuk menjaga kelembutan dan kelembaban kulit sehingga awet dan tidak mudah rusak.

Oh ya, untuk semua lapisan pelindung, pastikan tidak mengandung bahan silikon. Memang terlihat mengilap, namun justru akan membuat permukaan panel terlihat berminyak dan mudah kotor. Yang tak kalah penting, pemakaian silikon dalam jangka waktu panjang dapat merusak permukaan panel. Seperti cepat kusam atau retak rambut.
   
Baret di Bawah Pintu
Sering tanpa sadar, sepatu yang kita gunakan menyenggol atau menendang permukaan panel pintu bagian bawah. Akibatnya, permukaan pintu tersebut lecet atau baret.

Beberapa produsen mobil mengakalinya dengan memasang lapisan plastik. Namun karena hanya bersifat sementara, plastik tersebut akan terlepas.

Coba semprotkan interior cleaner. Seka dengan gerakan searah. Ulangi cara yang sama jika masih tersisa kotor. Kalau baret halus, cara ini lumayan menolong.

Jika tidak berhasil, Anda bisa menggunakan obat poles. Tapi gunakan sedikit saja dan jangan terlalu ditekan saat dibersihkan. Dengan daya kikisnya cukup untuk membuang baret. Jangan lupa aplikasikan interior dressing sebagai coating.