Walau Hujan Jangan Takut Mobil anda Kotor

Walau Hujan Jangan Takut Mobil anda Kotor



#rentalmobilnabil Hujan membuat jadwal mencuci mobil Anda berubah. Anggap saat normal hanya 2 kali seminggu. Begitu musim hujan bisa 3 sampai 4 kali seminggu, tergantung curah hujan. Jelas sangat menyita waktu dan tenaga.

Namun mencuci mobil saat kotor tak bisa dihindari. Jika didiamkan, akan berisiko timbul water spot yang lambat laun membuat bodi mobil kusam. Makanya, cara yang kami sampaikan ini tidak lantas mengurangi porsi mencuci mobil. Lakukan sebulan sekali agar hasilnya efektif.

 Sampo Sekaligus Wax

Ada langkah sederhana setelah seluruh bodi mobil bersih sempurna. Saat mencuci di kesempatan berikutnya, Anda bisa memakai sampo sekaligus wax. Contohnya adalah Wash & Wax Concentrate dari Auto Magic.

“Dengan produk sampo sekaligus wax ini, Anda tidak perlu repot lagi membersihkan bodi mobil dari noda jamur paska mencuci,” urai Siangi Widjaya dari Car Care Center (C3). Formula yang dimiliki selain membersihkan juga memberikan lapisan pelindung.

Bahan ini juga tidak perlu dipakai setiap kali mencuci. Selingi dua atau tiga kali baru gunakan kembali. Kerja Anda semakin ringan dan mobil mengilap setiap saat.

   
 Mencuci Mobil

Proses ini merupakan awal dari upaya memelihara keresikan bodi mobil. Mulailah dari membersihkan ban, pelek, dan kolong sepatbor yang memiliki risiko kotor paling tinggi. Hindari menggunakan sikat kawat karena akan merusak permukaannya.

Berlanjut ke bodi mobil, mulailah dari atap ke bawah. Untuk memudahkan bisa digunakan sampo mobil. Pastikan permukaan bodi mobil kering agar tidak mengundang noda jamur untuk tumbuh. Jangan lupa celah, seperti antara pintu dan bodi mobil.

Setelah selesai, diamkan mobil sekitar 10 menit dan lakukan inspeksi. Waspadai lelehan air yang berasal dari celah panel bodi. Seperti di bawah spion dan pintu. Segera bersihkan agar tidak meninggalkan noda.

Perhatikan pula kaca dan bodi mobil apakah sudah tumbuh jamur. Kalau terlalu menempel, Anda harus membawa mobil ke salon mobil. Jika masih bisa diatasi, Anda bisa melanjutkan ke proses berikutnya.
Kaca

Tingkat kebersihan kaca tidak dinilai dari seberapa mengilap, melainkan seberapa bening kaca tersebut. Paling kentara adalah kaca depan lantaran ada bekas sapuan wiper.

Jika kotor, lakukan pembersihan dengan kompon pembersih kaca. Pastikan produk yang dipakai tidak mengandung zat asam, terutama amoniak. Bahan ini memang membuat proses membersihkan kaca menjadi sangat mudah. Namun jangka panjang akan membuat kaca buram dan rusak.

Menjaga kebersihan kaca bisa dipakai glass cleaner seperti Auto Magic Clear Difference. Bahan ini diklaim melindungi kaca dari oksidasi dan membuatnya licin sehingga membantu saat hujan. Pastikan bahan yang dipakai tidak mengandung silikon. Proses membersihkan kaca juga bisa dilakukan pada mika lampu depan dan belakang.

   
Bodi mobil

Resik atau tidaknya mobil langsung terlihat di bodi. Paling penting diinspeksi ada bagian depan seperti bumper, kap mesin, dan spatbor. Perhatikan jika masih ada yang tertinggal seperti aspal atau lumpur yang mengeras. Anda bisa memakai bug and tar removal untuk mengeyahkan.

Untuk membersihkan noda jamur dapat dipakai exterior cleaner. lakukan gerakan searah ketika melakukannnya. Jangan diputar karena akan menimbulkan baret halus.


Pelek dan Ban

Sebenarnya sampo mobil sudah cukup untuk membersihkan pelek dan ban. Tapi ada sampo khusus jika Anda ingin hasil lebih optimal. Kecuali menggunakan sikat khusus bawaan sampo pelek, cukup diseka dengan kain halus. Segera keringkan agar tidak ada noda.

Untuk ban bisa menggunakan kondisioner seperti produk Auto Magic Magic Dressing. Aplikasi bahan water base ini selain membuat ban tampak lebih berkilau juga membuat kotoran tidak mudah melekat. Produk ini juga bisa dipakai untuk panel berbahan plastik, seperti hendel pintu dan bumper.


Panel Mengilap

Banyak terdapat di gril, rumah foglamp, lis pintu, dan hendel pintu. Merawatnya sangat mudah tapi harus penuh perhatian. Sepanjang permukaannya bersih dan kering, ia tidak perlu dirawat. Tidak perlu kondisioner karena justru akan merusaknya.

Kalau noda jamur sulit dilepaskan, bisa dipakai cairan exterior cleaner. Gunakan sedikit saja untuk mengangkat noda dan segera keringkan. Bilas dengan air bersih dan pastikan panel tersebut kering sempurna.

Jika Anda melakukan langkah-langkah di atas, proses membersihkan mobil lebih ringan karena kotoran mudah diangkat. Proses mencuci lebih ringan dan jadwalnya bisa dikurangi. Proses tersebut bisa dilakukan sebulan sekali agar efektif menjaga kilau mobil.