Waspadai Obat Anti Jamur

Waspadai Obat Anti Jamur


Kaca memegang fung­si penting pa­da mobil, khususnya kaca depan. Bagi pengemudi kaca depan memiliki fungsi yang krusial. Tapi ketika kaca depan dihinggapi banyak deposit mine­ral atau kerap disebut 'jamur', pandangan pengemudi pun terganggu. Baik keamanan maupun kenyamanan berkendara.

Nah, perawatan kaca mobil bukan sekadar membuatnya mengilap, ka­ca mobil juga harus bersih dari berbagai kotoran sehingga visibilitas pengemudi tetap baik. Terlebih ketika mengemudi malam hari atau hujan, pengemudi harus terhindar dari bias cahaya lampu dan persepsi tentang kondisi jalan terjaga.

Namun, beberapa pro­duk pembersih kaca me­ngandung ammonia. Se­nyawa dari nitrogen dan hidrogen (NH3) dan beberapa produk yang dijual di pasar mengandung bahan kimia hydrofluoride, salah satu zat asam yang 'keras'. Sementara kebanyakan kaca mobil tidak cocok dengan kandungan kimia itu.

Telitilah sebelum membeli. Karena menurut Andi, pemilik gerai Clear Glass di kawasan bursa onderdil mobil Pondok Cabe, sebisa mungkin hindari cairan kimia tersebut untuk menghilangkan jamur. Karena dapat mengikis dan menimbulkan flek pada permukaan kaca.

Nah, flek kaca ini ada dua jenis. Yang pertama, flek putih yang membuat visual kaca terlihat berkabut putih sehingga menyulitkan pandangan pengemudi. Selain itu, flek bergelombang atau pandangan terlihat samar-samar. Biasanya efeknya terlihat malam hari pada saat terkena sinar lampu dari arah depan. Jadi memakai sembarang obat anti-jamur kaca memang bisa menghilangkan jamur, tapi memunculkan masalah baru.

Jika sudah muncul flek, mengemudi mobil jadi tidak nyaman dan berbahaya ketika malam hari atau hujan. Jika tidak ingin repot, Anda bisa langsung membawa permasalahan kaca mobil ini ke spesialis membersihkan kaca seperti Clear Glass.

Oleskan bagian kaca dengan kompon atau wax

Tetapi Anda juga bisa melakukan proses pembersihan sendiri. Solusinya bersihkan kaca dengan pasta kompon yang water base, karena aman diguna­kan untuk kaca mobil. Memang proses pengerjaan relatih memakan waktu dan butuh ketelatenan, tetapi hasilnya maksimal dan memuaskan.

Gunakan kain micro fiberagar hasil maksimal
Proses membersihkan kaca

Parkirlah mobil di area yang teduh.
Siapkan air bersih, kain microfiber atau mesin pemoles kaca serta kompon.
Bersihkan kaca mobil dengan menggunakan air bersih dan keringkan.
Oles bagian kaca dengan kompon secara merata lalu diseka dengan lap microfiber dan membuat gerakan memutar. Untuk melakukan langkah ini, sebaiknya kaca dipilah beberapa bagian. Sehingga pengerjaan bisa dilakukan secara bertahap bagian per bagian.
Setelah itu bilas kembali dengan air bersih dan keringkan dengan lap kering. Ulangi proses ini jika Anda belum dapat hasil maksimal.
Sebaiknya lakukan perawatan rutin membersihkan kaca setiap 2 minggu sekali. Agar kaca tidak terhindar dari jamur. “Tips simpelnya, jaga kaca selalu dalam keadaan kering. Bila kaca basah akibat hujan, sesampai di tempat tujuan, sebaiknya langsung dikeringkan agar kaca terhindar dari jamur. Selain itu, hindari melepas kaca film menggunakan cairan pembersih jamur karena dapat merusak kaca,” jelas Andi.