Sangiang, Pulau Cantik di Selat Sunda

Sangiang, Pulau Cantik di Selat Sunda



Indonesia itu indah di mana saja. Di Selat Sunda misalnya, terdapat Pulau Sangiang yang cantik dan masih belum diketahui banyak traveler. Pantainya berpasir putih, lautnya pun jernih. Serasa milik pribadi!

Perjalanan kali ini saya akan mengunjungi sebuah pulau kecil yang terletak di Selat Sunda, Pulau Sangiang. Karena transportasi yang menuju ke pulau ini sangat terbatas, saya memutuskan untuk menggunakan operator tur Jelajah Pulau. Meeting point dengan teman-teman lain di Terminal Kampung Rambutan, dan berangkat pada tanggal 15 Mei malam. Keesokan paginya akan menyebrang ke Sangiang pada pagi pukul 07.00 WIB.

Perjalanan ke Pelabuhan Paku memakan waktu kurang lebih 5 jam. Bis arah Merak yang ditumpangi hanya akan mengantarkan kita sampai ke Simpang Cilegon. Dari situ, bisa melanjutkan dengan angkutan kota dengan cara mencarter, karena kami rombongan sehingga memutuskan untuk mencarter dengan biaya Rp 15.000/orang.

Sampai ke Pelabuhan Paku masih pagi buta dan banyak teman-teman yang memutuskan untuk tidur terlebih dahulu. Pukul 07.25 WIB kapal yang akan mengantarkan kami menuju ke Pulau Sangiang berangkat dan mulai berlayar meninggalkan daratan Jawa. Sebelum menginjakkan kaki di pulaunya, kami langsung snorkeling di 2 spot.

Di spot yang pertama, dikarenakan arus yang cukup kencang, kami tidak bisa snorkling dengan nyaman dan terumbu karang di sini memang masih sangat bagus. Pindah ke spot yang kedua arus air lebih bersahabat, dari atas kapal kita sudah bisa melihat dasar laut yang penuh dengan terumbu karang karena jernihnya air.

Puas dengan snorkeling, kamipun menuju home stay. Untuk bisa mencapai daratan, kami harus transfrer ke kapal yang lebih kecil karena kapal yang kami tumpangi tidak bisa mendarat di dermaga Sangiang. Untuk mencapai dermaga, harus melalui hutan bakau yang kecil dan perlu perjuangan ekstra dari teman-teman yang mengemudikan kapal agar tidak menabrak bakau.

Home stay berjarak cukup jauh dari dermaga, sehingga kita perlu berjalan cukup lama untuk mencapai home stay. Setelah makan siang, siap-siap menuju pantai dan pemandangan pantai yang menakjubkan tersaji di depan mata. Dengan pasir putih dan karang yang indah serta gradasi warna laut yang masih sangat jernih, membuat betah berlama-lama di sini.

sore menjelang, waktunya hunting sunset. matahari bersinar cukup cerah, karena saya kurang mengetahui spot yang bagus untuk sunset dimana, saya hanya mendapatkan gradasi warna dari balik bukit yang masih sangat mempesona.

Pulau sangiang memang indah, dan masih sangat sepi, cocok untuk teman-teman yang mencari tempat yang jauh dari keramaian dan untuk yang lagi "Galau", tapi sangiang juga menyimpan sejuta keindahan yang tidak bisa saya tuliskan di dalam satu artikel, akan saya sambung di artikel selanjutnya.