10 Daftar Wisata Indonesia Yang Indah

10 Daftar Wisata Indonesia Yang Indah

10 Daftar Wisata Indonesia Yang Indah

Indonesia adalah negara di Asia Tenggara yang berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah total mencapai 13.466 pulau. Terdiri dari 5 kepulauan besar dan 30 kelompok kepulauan kecil.

Luas wilayah lautan Indonesia lebih luas dibandingkan daratannya, luas daratan Indonesia sebesar 1.910.000 km2 sedangkan luas lautannya adalah 6.279.000 km2. Dengan luas seperti itu Indonesia banyak menyimpan kekayaan alam di darat maupun bawah lautnya yang indah sehingga wajib dikunjungi.

Tak hanya itu Indonesia juga kaya akan kebudayaannya, berbagai macam suku tinggal di Indonesia dengan rukun dan damai, masing-masing suku memiliki ciri khas tersendiri yang menjadikan keberagaman budaya di Indonesia, selain itu Indonesia juga memiliki kuliner yang khas di setiap wilayahnya.

Saya rasa cukup basa-basinya sampai disitu, sekarang mari kita bahas 10 Daftar Wisata Indonesia Yang Indah.

1. Pulau Weh

Pulau weh terletak di bagian barat Sumatera, pulau ini memang sangat jarang dikunjungi dan belum terjamah, disini anda bisa mengunjungi tugu nol kilometer maupun menyelam untuk melihat keindahan bawah lautnya, biasanya yang sering dijadikan tempat penyelaman adalah taman laut pulau rubiah, Anda akan menemukan banyak hewan laut seperti pari manta, hiu, paus, lumba-lumba dan penyu.

2. Danau Toba

Danau Toba adalah danau berkawah seluas 1.145 kilometer persegi. Di tengahnya ada sebuah pulau bernama pulau Samosir yang memiliki luas sebesar negara Singapura. Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata di Sumatera Utara selain Bukit Lawang dan Nias.

3. Bunaken

Bunaken berada di Manado, Sulawesi Utara dan memiliki 20 spot penyelaman Ada 13 jenis terumbu karang dan 91 jenis ikan yang berada di Taman Laut Bunaken. Pemandangan yang paling menarik adalah terumbu karang terjal vertikal yang menjulang ke bawah sedalam 25-50 meter.

4. Raja Ampat

Raja ampat berada di Papua Barat, Keindahan di darat maupun bawah laut disini sangat indah, bahkan 75% spesies laut dunia berada disini. Hal ini menjadikan Raja Ampat sebagai yang terkaya di dunia. Bahkan para penyelam dunia telah mengagumi keindahan bawah laut Raja Ampat.

5. Pantai Pink dan Pulau Komodo

Pantai pink berada di Nusa Tenggara Timur tidak jauh dari Pulau Komodo, dinamakan pantai pink karena warna pasir pantainya berwarna pink (merah muda). Selain pasir pantainya berwarna merah muda air lautnya juga jernih. Tak jauh dari sini ada Pulau Komodo, disini anda bisa melihat hewan langka ini berkeliaran.

6. Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan gunung api yang masih aktif yang menjadi tempat wisata paling terkenal di Jawa Timur, keunikan Gunung Bromo adalah lautan pasir seluas 5.250 hektar yang berada di ketinggian 2392 m dpl. Disini anda bisa menikmati pemandangan matahari terbit di gunung bromo dengan berjalan kaki, menunggang kuda atau menaiki kendaraan 4x4.

7. Pulau Derawan

Kepulauan derawan berada tak jauh dari daratan Kabupaten Berau di Kalimantan Timur, pulau yang paling terkenal di antaranya adalah Pulau Derawan, Maratua, Sangalaki, dan Kakaban. Di sini bersarang kura-kura hijau langka dan juga penyu sisik. Anda dapat menyaksikan setiap hari penyu bertelur di pasir atau berenang ke laut bersama kura-kura.

8. Danau Gunung Tujuh

Danau gunung tujuh berada di Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi. Danau ini merupakan danau tertinggi di Asia Tenggara, dengan luas sekira 960 hektar, panjang 4,5 km, serta lebar 3 km. Ketinggian danau tersebut sekira 1,950 meter di atas permukaan laut.

9. Karimun Jawa

Karimun Jawa lokasinya berada di barat laut Kota Jepara, bagi anda pecinta pantai dengan pasir putih, air laut yang jernih, wajib mengunjungi tempat ini. Disini anda dapat menemukan hewan langka seperti penyu sisik dan penyu hijau.


10. Pulau Belitung

Pulau beitung memang tidak sepopuler Bali atau Lombok tetapi objek wisata disini tidak kalah indah. Disini anda dapat menemukan pantai pasir putih, air laut yang sangat jernih dan formasi batuan granit yang sangat indah. Belitung dikelilingi lebih dari 100 pulau kecil yang hampir semuanya dihiasi pasir putih dan batu granit tetapi hanya beberapa pulau yang berpenghuni.