4 Pulau di Kepulauan Derawan Yang Sering Dikunjungi Wisatawan

4 Pulau di Kepulauan Derawan Yang Sering Dikunjungi Wisatawan

4 Pulau di Kepulauan Derawan Yang Sering Dikunjungi Wisatawan


Kepulauan Derawan merupakan salah satu pariwisata unggulan di Kalimantan Timur, lokasinya berada di wilayah Kabupaten Berau. Kepulauan Derawan ini terdiri dari beberapa pulau yang ada di sekitarnya dan yang paling terkenal dan sering dikunjungi adalah Pulau Derawan, Pulau Kakaban, Pulau Sangalaki dan Pulau Maratua.

Di Pulau Derawan ini anda bisa bermain di tepi pantai yang berpasir putih, jalan berkeliling Pulau Derawan maupun berenang di air lautnya yang jernih. Bahkan anda bisa menemukan penyu yang berenang di sekitar Pulau Derawan ini. Wisatawan juga bisa menikmati hamparan pasir di Gosong yang letaknya hanya 5 menit dari Pulau Derawan.

Mengunjungi Kepulauan Derawan kurang lengkap rasanya tanpa mengunjungi pulau di sekitarnya, salah satunya Pulau Sangalaki. Pulau Sangalaki ini merupakan kawasan konservasi penyu, hampir setiap malam pulau ini didatangi puluhan penyu yang ingin bertelur. Selain itu, Pulau Sangalaki juga merupakan habitat bagi pari manta. Jika sudah disini anda harus menyelam atau snorkeling untuk melihat keindahan bawah lautnya.

Pulau Kakaban harus anda kunjungi jika anda ingin berenang bersama ubur-ubur di Danau Kakaban, ubur-ubur di danau kakaban ini tidak menyengat sehingga aman bagi para wisatawan. Danau Kakaban ini merupakan danau air payau yang hanya ada dua di dunia, tidak hanya ubur-ubur di danau ini juga terdapat hewan laut lainnya. Selain menyelam di danau kakaban anda juga bisa menyelam dan snorkeling di sekitar pulau kakaban.

Pulau Maratua berada di posisi paling luar Indonesia yang berbatasan dengan Negara Malaysia dan Filipina. Pulau ini masih termasuk ke dalam kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Berbeda dengan Pulau Kakaban, Pulau Maratua ini merupakan pulau yang berpenghuni. Terdapat beberapa desa nelayan yang bisa anda saksikan.