4 Tempat Wisata di Karanganyar Yang Bisa Anda Kunjungi

4 Tempat Wisata di Karanganyar Yang Bisa Anda Kunjungi

4 Tempat Wisata di Karanganyar Yang Bisa Anda Kunjungi


Karanganyar adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan dengan Sragen di sebelah utara dan kota Surakarta di sebelah barat, namun di beberapa daerah di jawa juga memiliki nama yang sama yaitu Karanganyar jadi jangan sampai salah untuk membedakannya. Dengan luas 77.378 Ha, Karanganyar memiliki beberapa tempat wisata yang bisa anda kunjungi. Berikut ini tempat wisata di Karanganyar.

1. Air Terjun Grojogan Sewu

Selain Air Terjun Grojogan Sewu yang ada di Kulon Progo Yogyakarta, di Tawangmangu Kabupaten Karanganyar juga terdapat Air Terjun bernama Grojogan Sewu yang lokasinya terletak di lereng Gunung Lawu. Air Terjun Grojogan Sewu di Tawangmangu ini memiliki ketinggian 81 meter dan berada di ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut sehingga hawanya cukup sejuk.

Untuk menuju ke Air Terjun Grojogan Sewu para wisatawan harus menaiki 1.250 buah anak tangga dan di pintu masuk menuju Air Terjun ini terdapat kera yang mungkin sengaja dibiarkan berkeliaran untuk menambah kesan alami dari tempat ini. Selain menikmati air terjun disini juga tersedia permainan seperti kolam renang, flying fox dan mini rafting.

2. Air Terjun Jumog

Selanjutnya di Karanganyar anda dapat mengunjungi Air Terjun Jumog yang lokasinya berada di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, sekitar beberapa ratus meter dari kawasan wisata Candi Sukuh.

Air terjun Jumog ini lebih rendah dibandingkan Air Terjun Grojogan Sewu ketinggiannya sekitar 30 meter. Untuk menuju ke lokasi air terjun para wisatawan harus menuruni 116 anak tangga kemudian melanjutkan perjalanan menuju air terjun.

3. Air Terjun Parang Ijo

Selain dua air terjun yang ada di Karanganyar tadi masih ada lagi Air Terjun di Karanganyar yang bernama Air Terjun Parang Ijo, lokasinya berada di Desa Girimulyo, Kecamatan Ngagoryoso, Karanganyar. Air Terjun Parang Ijo ini terletak tidak jauh dari kawasan wisata Candi Cetho dan memiliki ketinggian sekitar 50 meter.

4. Agrowisata Sondokoro

Agrowisata Sondokoro adalah Pabrik Gula Tasikmadu yang telah dikembangkan menjadi tempat rekreasi keluarga, tempat wisata ini telah dilengkapi berbagai wahana seperti kolam renang, waterboom, komidi putar dan lain sebagainya. Selain itu tempat ini juga menawarkan wahana kereta uap sekaligus melihat proses bagaimana pembuatan gula.